10 WNA Miliki KTP Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON – Kabar tentang warga negara asing (WNA) yang memiliki KTP Indonesia bukan isapan jempol belaka. Mereka memiliki KTP karena berbagai alasan, salah satunya alasan administratif.
Ilustrasi/NET

Di Kota Cilegon misalnya, sedikitnya ada 10 warga negara asing yang sudah memiliki KTP Cilegon. Hal itu diakui oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) setempat. Mereka rata-rata karyawan perusahaan asing dan telah menikah dengan warga Cilegon.

Kepala DKCS Kota Cilegon, Soleh kepada wartawan mengatakan, 10 WNA ber-KTP Kota Cilegon itu berasal dari beberapa negara seperti Jepang, Korea, Jerman, Filipina, dan Amerika. Namun dia memastikan tidak ada warga Tiongkok yang ber-KTP Kota Cilegon.

Maish kata Soleh, meski pun memiliki KTP Kota Cilegon, namun kewarganegaraan 10 WNA tersebut dicatat sesuai asal mereka. Soleh menyebut bahwa pihaknya membuatkan KTP lantaran para WNA itu memenuhi sejumlah persyaratan.

“Mereka sudah memiliki KITAP (Keterangan Tempat Tinggal Tetap). Mereka pun mengantongi surat keterangan dari Kemenkumham serta tanda melapor dari Polres. Karena itulah kami buatkan KTP,” ujarnya.

Bukan hanya KTP, DKCS Kota Cilegon juga menerbitkan kartu keluarga bagi mereka.  “Mereka menikah dengan warga Cilegon, jadi kami buatkan KTP dan KK. Nah, jika anak mereka ada yang berusia 17 tahun, nanti kami tanyakan mau berkewarganegaraan apa. Kalau mau warga negara Indonesia, kami buatkan KTP juga nantinya,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon, Buchori menuturkan, pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap WNA yang bekerja di Cilegon. Hingga saat ini, tercatat kurang lebih 900 WNA yang bekerja di sejumlah perusahaan asing di Cilegon.

“Berdasarkan KITAS (Keterangan Tempat Tinggal Sementara), ada kurang lebih 900 WNA yang bekerja di Cilegon. Tapi kan ada yang membuat KITAS di Cilegon, ada juga di luar Cilegon. Jadi jumlah pastinya berapa, kami pun terus melakukan pendataan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon, Irfan Alfi mengkungkapkan, ada dua WNA ber-KTP Kota Cilegon yang sempat masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. WNA tersebut terdapat di Daerah Pemilihan (Dapil) Satu dan Empat.

“Tadinya ada dua WNA yang terdata di Cilegon, namun sudah kami coret. Sekarang kami pastikan tak ada lagi di DPT Pemilu 2019,” katanya.

Dia mengungkapkan dua WNA yang terdaftar di DPT Pemilu 2019 tersebut mempunyai kewarganegaraan berbeda. “Kalau tidak salah warga negara Jerman dan Filipina,” pungkasnya.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY