Agama Jadi Candaan Joshua Dipolisikan

BERITAKARYA.CO.ID, JAKARTA - Menjadi terkenal dan membuat orang bisa tertawa, bukan harus mengolok-olok agama dan kepercayaan yang dianut penduduk negeri ini. Salah-salah, bisa jadi boomerang.
Joshua Suherman/NET

Membawa-bawa agama dalam candaan, terlebih disiarkan di televisi nasional, adalah sebuah langkah kurang bijak untuk dilakukan. Itulah yang terjadi dengan mantan penyanyi cilik , Joshua Suherman.

Seperti diketahui, Joshua Suherman tidak lagi tampil di televisi sebagai penyanyi, dia banting stir menjadi komika atau artis stand up comedy dan beberapa kali mengisi acara stand up comedy di televisi.

Namun, candaannya justru memantik reaksi, sebab dia membawa-bawa agama dalam lawakannya. Videonya viral di media sosial, dan tercium Forum Umat Islam Bersatu. Joshua Suherman pun dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri.

Pelaporan dilakukan Selasa (9/1/2018) sore lalu dengan tuduhan melecehkan umat Islam dalam acara Stand Up Comedy.

“Kami dari FUIB secara resmi melaporkan tindak kriminal pelecehan dan penghinaan agama oleh Joshua Suherman,” ujar Ketua FUIB Rahmat Himran.

Rahmat mengatakan Joshua diduga telah melanggar Pasal 27 ayat 3 dan Pasal 28 ayat 2 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan atau Pasal 156a KUHP.

Joshua dilaporkan atas materi stand up comedy-nya saat ia me-roasting Cherly Juno, eks personel girlband Cherrybelle dalam salah satu acara yang digelar oleh Majelis Lucu Indonesia di Pong Me café.

Kala itu, Joshua mengatakan bahwa Anisa Rahma yang sesama personel Cherrybelle bisa lebih terkenal dan lebih populer ketimbang Cherly Juno adalah karena alasan agama.

“Zaman dulu, semua mata tertuju pada Anisa. Semuanya Anisa. Padahal skill nyanyi tipis-tipis, skill nge-dance tipis-tipis, cantik relatif, ya kan? Gue mikir kenapa Anisa selalu unggul dari pada Cherly, ah sekarang gue ketemu jawabannya. Makanya Che (Cherly), Islam,” kata Joshua saat itu yang kemudian disambut tawa oleh para penonton.

Terkait dengan pelaporan itu, Joshua saat sudah meminta bantuan hukum dan pendampingan kepada Lembaga Bantuan Hukum GP Ansor. Pihak LBH GP Ansor pun mengaku siap untuk memediasi Joshua dengan pihak pelapor.

Selain Joshua Suherman, pemain film Ge Pamungkas pun terseret kasus yang sama yakni dugaan pelecehan agama. Dalam penampilannya di Stand Up Comedy, ia menyebutkan potongan ayat Alquran.

“Sesungguhnya Allah akan memberikan cobaan yang Dia cintai. Cintai apaan,” ujarnya emosi.

Pernyataan Ge Pamungkas ini pun menimbulkan reaksi beragam dari warganet. Dan sebagian besar mereka marah dengan pernyataan Ge Pamungkas.

Kedua komika itu adalah contoh yang tidak bijak. Demi membuat orang tertawa, keduanya membawa-bawa agama dalam lawakannya.

Baca Sumber

Uploader: Iffan Gondrong

Categories
Selebriti
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY

  • Uki Keluar dari Noah

    Uki mengumumkan keluar dari Noah yang sudah ia ikuti sejak 1998 melalui unggahan di media sosialnya, Kamis (8/8/2019) malam tadi. “Hari ini saya melepaskan diri dari Noah. Terima kasih...
  • Kisah Cinta Dilan dan Milea Berlanjut

    Pasalnya, Dilan dan Milea akan kembali membawa Anda ke masa remaja. Kali ini, Dilan dan Milea akan kembali satu frame dalam film Dilan 1991. Meski masih dengan peran yang sama,...
  • Ratna Sarumpaet Ditangkap, Atiqah Unggah Foto Bersama Anak

    Dilansir detik.com, dalam foto tersebut, Atiqah terlihat tengah berbahagia menggendong Salma Jihane Putri Dewanto. “My sunshine my only sunshine,” tulisnya dalam caption tersebut. Ada puluhan ribu yang menyukai foto...
  • Presenter Cantik Ini Mantap Berhijab

    Seperti dikutip detikHOT lewat akun Instagram milik suami Fenita Arie. Bapak dua anak itu mengunggah foto sang istri yang telah mengenakan hijab disertakan dengan kalimat-kalimat penuh suka cita. Fenita...