Akhirnya, Komisi I Klarifikasi Baperjakat Terkait Mutasi

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Komisi I DPRD Cilegon akhirnya melakukan klarifikasi terkait mutasi pejabat Eselon III dan IV, Senin (17/6/2019).
DEMO: Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam PMII Cilegon menggelar aksi di depan Gedung DPRD Cilegon/beritakarya.co.id

Klarifikasi dalam bentuk Hearing Komisi I dengan pihak eksekutif itu digelar tertutup dan dilakukan hampir berbarengan dengan aksi Pergerakan Mahasiswa Islam Indoneaia (PMII) Kota Cilegon yang juga mengkritisi mutasi beberapa waktu lalu.

Ketua Komisi I, Subhi S Mahad kepada wartawan usai hearing tertutup mengatakan, Komisi I punya kewajiban melakukan pengawasan terkait dengan kepegawaian.

Menurut Subhi, rotasi dan mutasi yang dilakukan beberapa waktu lalu sudah sesuai prosedur, dan tidak ada hal lain yang tidak baik.

Ketika disinggung tentang isu dimana anggota Baperjakat tidak dilibatkan dalam proses mutasi-rotasi itu, Subhie menegaskan bahwa berdasarkan keterangan Ketua Baperjakat, Sari Suryati, tidak ada anggota Baperjakat yang tidak dilibatkan.

“Ketua Baperjakat tadi sudah mengklarifikasi, semua dilibatkan dalam proses mutasi-rotasi ini,” imbuhnya.

Ia berharap mutasi-rotasi di Pemkot Cilegon bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyatakat.

Ketika disinggung apakah tidak ada evaluasi sama sekali dari proses mutasi-rotasi itu, Subhi mengatakan bahwa evaluasi akan dilakukan kedepan.

“Ini adalah proses awal. Nanti akan kita evaluasi kedepan. Ini permulaan saja, nanti ada evaluasi lanjutan,” ujarnya.

Subhi menambahkan, tidak ada hal krusial dalam proses mutasi-rotasi itu, sehingga tidak perlu ada pansus atau apapun.

“Pansus tak perlulah. Cukup kita Komisi I melakukan pengawasan,” tegasnya.

Disinggung soal assesment pejabat Eselon II yang akan dilakukan dalam waktu dekat, Subhi meminta agar proses mutasi pejabat Eselon II nanti dilakukan sesuai prosedur.

“Sehingga melahirkan para Kepala OPD yang berkualitas,” kata dia.

Masih kata Subhi, hearing yang dilakukan merupakan inisiatif Komisi I berdasarkan masukan dari berbagai pihak.

“Respon publik terkait mutasi-rotasi ini kan bermacam-macam. Nah kita berinisiatif melakukan klarifikasi terkait hal itu,” imbuhnya.

Pada bagian lain, Ketua Baperjakat yang juga Sekda Kota Cilegon, Sari Suryati kepada wartawan menegaskan, tidak ada masalah dengan mutasi, karena dilakukan sesuai dengan aturan dan rambu-rambu yang ada.

“Kata siapa tidak dilibatkan. Tanya saja sama anggota Baperjakatnya. Ada rapat berapa kali, semua ada dokumennya, daftar hadir juga ada. Jadi kata siapa tidak dilibatkan?” tutur Sari Suryati.

Saat ditanya terkait aksi mahasiswa yang juga menyoroti soal mutasi, Sari Suryati mengatakan bahwa mahasiswa tidak tahu secara detil apa yang dilakukan Baperjakat.

“Saya sebagai Ketua Baperjakat tahu betul bahwa Pak Wali mengarahkan Baperjakat di ruang beliau, di ruang Muspida, di Jakarta juga berapa kali. Jadi semua anggota Baperjakat dilibatkan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, hearing tersebut selain dihadiri Sekda Cilegon juga dihadiri para Asda, Inapektrat dan Kepala BKPP.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY