Alhamdulillah, Puluhan Guru Dapat Laptop

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Puluhan guru dan tenaga kependidikan (GTK) serta kepala sekolah dan pengawas berprestasi mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon. Penyerahan penghargaan digelar di Hotel Sari Kuring Indah, Senin (29/7/2019).
HADIAH: Walikota Cilegon, Edi Ariadi memberikan laptop secara simbolis kepada guru berprestasi di Kota Cilegon/beritakarya.co.id

Penghargaan berupa laptop diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada para pemenang lomba GTK berprestasi yang telah diselenggarakan Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon.

Kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan dan Pengarahan (Kespar) pada Dindik Kota Cilegon, Hikmatullah menjelaskan, pemberian apresiasi laptop tersebut untuk menunjang kinerja dan memotivasi GTK, sehingga hasilnya terbangun keserasian dan keterpaduan peningkatan kualitas sumberdaya manusia.

Masih kata Hikmatullah, ada tiga kategori apresiasi yang diberikan. Pertama GTK berprestasi untuk guru, pengawas dan kepala sekolah tingkat Kota Cilegon, kedua Olimpiade Guru Nasional (OGN) tingkat Kota Cilegon untuk guru kelas dan guru mata pelajaral (Mapel) Ujian Nasional, dan ketiga Inovasi Pembelajaran (Inobel) untuk guru kelas dan guru mapel.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah penghargaan meningkat, dimana pada 2018 lalu hanya 60 GTK, tahun inibertambah menjadi 69 GTK.

“Jumlahnya semakin meningkat dari tahun ke tahun, sekarang ini sebangak 69 orang yang tadinya pada 2018 hanya 60 orang,” kata dia.

Usai pemberian penghargaan, GTK yang meraih juara 1 akan langsung mendapatkan pembinaan, khususnya yang akan berangkat pada lomba GTK berprestasi dan inobel tingkat nasional.

“Pada Selasa dan Rabu (30-31/7/2019) para juara 1 langsung dibina untuk lomba tingkat nasional. Pembinaannya langsung dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan dosen Universitas Sultan Agung Tirtayasa (Untirta),” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dindik Kota Cilegon, Mukhtar Gozali mengatakan, guru berprestasi tentu akan mencetak siswa yang bisa berprestasi pula. Karenanya diharapkan para GTK yang sudah menjadi juara bisa lebih meningkatkan kompetensinya dan membuat siswa yang diajak bisa berprestasi pula.

“Tentu tujuannya agar para guru, kepala sekolah, dan pengawas untuk meningkatkan kinerjanya, sehingga nantinya bisa berefek terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan siswanya juga ikut berprestasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Cilegon, Edi Ariadi mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan itu salah satu moment yang tepat dan sangat berharga bagi peserta didik untuk mengembangkan sikap kompetitif, sportifitas serta berwawasan nasional.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini, saya juga berpesan kepada seluruh guru dan tenaga pendidik teruslah belajar dan bekerja keras, kuasailah ilmu pengetahuan dan teknologi dan teruslah mencintai pendidikan demi kemajuan masa depan bangsa,” kata Edi.
Dia berharap agar kegiatan itu tidak sekedar berorientasi pada seremonial semata, namun esensi dari acara itu terletak pada nilai dan bagaimana cara seorang guru dan tenaga kependidikan mengembangkan diri dan berkarya melalui inovasi.

Iffan Gondrong

Categories
Pendidikan
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY