Antisipasi Pungli, KSOP Bentuk Tim Khusus

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Ciptakan pelayanan anti gratifikasi dan anti-pungli, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten bentuk tim khusus yakni Unit Kepatuhan Internal (UKI).
SOSIALISASI: Suasana sosialisasi tim khusus Unit Kepatuhan Internal/beritakarya.co.id

Kehadiran Unit Kepatuhan Internal diharpkan dapat meningkatkan pengawasan disiplin kerja pegawai di internal.

Hal itu diungkapkan Kepala KSOP Banten, Herwanto kepada wartawan dalam Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi, WBS, Penanganan Benturan Kepentingan dan Unit Kepatuhan Internal di The Royale Krakatau Hotel, Kota Cilegon, Selasa (30/7/2019).

Herwanto menegaskan, para pegawai di KSOP Kelas I Banten ketika melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat dilakukan sesuai dengan prosedur. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari gratifikasi, proses tatap muka. Namun terdapat pengecualian jika ada permasalahan tatap muka diperbolehkan.

“Di pelabuhan ini kan saling bersinanggungan, tidak berdiri sendiri. Setiap ada permasalahan harus kita undang, harus tatap muka. Kalau tidak ada permasalahan cukup dengan prosedur sudah ada ruang pelayanan,” tuturnya.

Selain pencanangan anti gratifikasi, pihak Syahbandar juga menerapkan wishtle blower system dimana masyarakat bisa menjadi pelapor dan jika ada penyimpangan di Kantor Syahbandar.

“Wishtle blower system tu dimungkinkan untuk melaporkan kegiatan-kegiatan terhadap yang ada penyimpangan di kantor kita, tapi ada tahapnya, tahap manajer operasional yaitu kita kepala kantor dan unit kepatuhan internal,” tandasnya.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY