Berapa Sih Gaji Direktur KS?

Catatan Iffan Gondrong
Ilustrasi/NET

Berapa sih gaji petinggi KS sampai-sampai salah satu direkturnya terjaring OTT KPK dengan barang bukti uang tunai Rp20 juta? Itulah pertanyaan saya dalam hati. Saya berkeyakinan banyak di antara kita yang bertanya tentang hal itu.

Sayapun berupaya mencari tahu berapa besaran gaji jajaran Direksi PT Krakatau Steel untuk menemukan jawaban atas kepenasaran saya. Dari informasi yang seliweran di internet, saya mendapatkan gambaran besaran gaji Direksi PT Krakatau Steel tersebut.

Saya tercengang mengetahui besaran gaji yang diterima jajaran Direksi PT Krakatau Steel yang jumlahnya cukup menggiurkan. Dilansir kumparan.com, dalam satu tahun PT Krakatau Steel bahkan mengeluarkan miliaran rupiah untuk gaji jajaran direksi saja.

Berdasarkan Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-01/MBU/06/2017 tentang Pedoman Penetapan Penghasilan Direksi, Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas BUMN, khusus untuk Krakatau Steel, Menteri BUMN telah memberikan persetujuan atas besaran gaji/honorarium serta tunjangan, bagi direksi dan komisaris Perseroan. Persetujuan itu disampaikan melalui Surat Nomor SR-69/D3.MBU/06/2017 tertanggal 22 Juni 2017.

Mengutip laporan tahunan PT Krakatau Steel atau KRAS untuk kinerja 2017 yang disampaikan pada 2018 lalu yang saya nukil dari kumparan.com, total gaji untuk seluruh Direksi Krakatau Steel angkanya cukup fantastis yakni Rp11,4 miliar pertahun. Angka itu belum termasuk tunjangan.

Selain gaji pokok, Direksi PT Krakatau Steel juga mendapatkan tunjangan Rp2,4 miliar pertahun dan asuransi purna jabatan Rp2,5 miliar. Sehingga total remunerasi untuk seluruh Direksi BUMN penghasil baja nasional itu dalam setahun mencapai Rp16,3 miliar.

Jika angka itu dibagikan untuk 6 direksi di manajemen PT Krakatau Steel, maka rata-rata penghasilan yang diterima setiap anggota Direksi PT Krakatau Steel sebesar Rp2,7 miliar per tahun atau setara dengan Rp226,4 juta per bulan. Tapi tentu saja porsi untuk direktur utama tentu lebih besar.

Selain menerima penghasilan sebesar itu, Direksi Krakatau Steel juga mendapat fasilitas kendaraan, kesehatan, serta bantuan hukum.

Jika benar suap dengan barang bukti uang tunai Rp20 juta yang diamankan KPK dalam OTT Jumat lalu itu, nyata-nyata mengusik akal sehat saya. Bagaimana tidak, gaji bulanan yang diterima ratusan juta rupiah ternyata sama sekali tidak menyurutkan orang untuk menerima suap.

Jelaslah, bahwa gaji besar bukan jaminan bersih dari praktik korupsi dan kolusi. Saya menyimpulkan bahwa praktik korupsi dan kolusi itu lahir dari mental yang korup, bukan dari berapa besaran gaji yang diterima.

Wallahua’lam

Categories
Features
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY

  • Mengharukan! Sebelum Dilantik Ratu Ati Minta Izin ke Suami dan Anak

    Kantor Yayasan Al-Ishlah yang selama ini menjadi kantor sementara Hj Ratu Ati Marliati pasca pengunduran dirinya sebagai Kepala Bappeda menyusul pencalonan sebagai Wakil Walikota Cilegon malam tadi tampak ramai....
  • Terobosan Rentenir Online

    Gara-gara tulisan Pak Syahrul Rusli, saya harus kembali membuka buku ‘’Kemilau Bisnis Gadai’’. Buku ini karya Pak Syarul. Saya sebagai editornya. Dalam artikel pendeknya, CEO PT Pesonna Optima Jaya...
  • Mulailah Bisnis dari yang Ada

    Lokasi studio webinar terbaru saya ini sebenarnya nyelempit. Berada di gang kecil. Di belakang Pasar PSPT. Gang itu hanya bisa dilewati satu mobil. Tidak punya lahan parkir pula. Tamu-tamu...
  • Bank Infak

    Ingin punya bisnis tapi kurang modal? Jangan patah arang. Ajak beberapa orang untuk patungan modal. Sampai cukup. Sehingga usaha yang Anda rencanakan bisa berjalan. Patungan modal bukan konsep baru....