BMKG Akhiri Peringatan Dini Tsunami

BERITAKARYA.CO.ID, SERANG - Badan Meteorolgi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengakhiri status peringatan dini tsunami tepat pukul 21.35 untuk seluruh wiyakah Indonesia menyusul gempa berkekuatan 7,4 skala richter (SR) yang berpusat di Sumur, Banten Selatan.

Status siaga dan waspada tsunami diakhiri setelah BMKG menunggu 2 jam sejak gempa terjadi tepat pukul 19.03 WIB.

Kepala BMKG Pusat, Dwikorita dalam konferensi pers menyatakan, status peringatan dini tsunami diakhiri bukan dicabut. Karenanya, Dwikorita mengimbau agar warga masyarakat yang saat ini mengungsi untuk kembali ke rumah masing-masing.

“Setelah mengikuti SOP yang berlaku, maka tepat pukul 21.35 WIB BMKG mengakhiri status peringatan dini tsunami. Diakhiri ya bukan dicabut,” tuturnya.

Dwikorita tetap meminta agar masyarakat tidak begitu saja percaya dengan informasi yang bukan bersumber dari sumber yang resmi. “Tetap tenang dan tidak mudah percaya informasi yang menyesatkan,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, gempa berkekuatan 7,4 SR mengguncang wilayah Banten bagian selatan tepatnya di Perairan Sumur, Provinsi Banten.

Gempa tersebut getarannya terasa hingga ke Jakarta, Lampung dan beberapa daerah di Provinsi Banten. BMKG menyatakan bahwa gempa tersebut berpotensi tsunami, karenanya peringatan dini tsumani pun dikeluarkan.

Namun setelah menunggu dua jam lamanya, BMKG akhirnya mencabut status tersebut, artinya peringatan dini tsunami telah berakhir.

Iffan Gondrong

Categories
Serang
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY