Buruh Tuntut Upah Sektoral Naik 18 Persen

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Buruh di Kota Cilegon menuntut Upah Minimum Sektoral Kota (UMSK) Cilegon naik hingga 18 persen.

Para buruh menilai kenaikan tersebut  wajar karena mereka punya kontribusi besar terhadap peningkatan pendapatan industri.

Ketua DPC Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan (FSPKEP) Kota Cilegon, Rudi Sahrudin saat ditemui di Disnaker Kota Cilegon, Selasa (3/12/2019) mengatakan, pihaknya tengah melakukan rapat pembahasan UMSK 2020.

“Kami dengan Apindo Banten sedang dimediasi oleh Disnaker untuk membahas UMSK 2020. Ini adalah pertemuan kedua, rapat pertama digelar pekan lalu,” katanya.

Pada pertemuan pertama, Disnaker Kota Cilegon memberikan ruang kepada buruh menyampaikan usulan kenaikan UMSK 2020.

Sementara pada pertemuan kedua para buruh diminta untuk mendengarkan pandangan dari Apindo Kota Cilegon.

“Tadi ada paparan dari Apindo, kata mereka kondisi dunia industri sedang tidak bagus. Tapi saya sampaikan, silahkan Apindo bicara apa, itu hak mereka. Tapi kami minta agar UMSK 2020 naik, kami pun punya dasar atas kenaikan itu,” ujarnya.

Untuk diketahui, buruh Cilegon mengusulkan kenaikan UMSK 2020 pada Kelompok I (industri kimia dan logam) sebesar 18 persen, Kelompok II (industri rumah tangga) 14 persen, serta Kelompok III (pekerja hotel dan toko) 12 persen.

Sementara itu, Kepala Disnaker Kota Cilegon, Bukhori mengatakan, pihaknya bertugas untuk mengawal pembahasan UMSK antara buruh dengan Apindo.

Menurutnya, pembahasantersebutakanmengerucutpadaKamis (5/12/2019) lusa.

“Pembahasan terakhir itu lusa, disitu akan dibahas nilai kenaikannya berapa,” tuturnya.

Menurut Bukhori, pihaknya akan berupaya mencari jalan tengah, menyikapi tarik ulur pembahasan UMSK 2020, agar pihak buruh dan industri sama-sama tidak merasa  dicari jadirugikan.

“Pokoknya jalan tengah agar buruh semakin sejahtera dan daya saing industri tidak terganggu,” pungkasnya.

Iffan Gondrong

Categories
Ekonomi
No Comment

Leave a Reply

*

*

google.com, pub-1102232992410596, DIRECT, f08c47fec0942fa0

RELATED BY