Cemari Udara Berulang-ulang, Komisi II Gruduk PT Dover

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pencemaran udara yang disebabkan kelalaian pihak PT Dover Chemical sudah sangat merugikan masyarakat sekitar pabrik. Celakanya, pencemaran udara itu bukan hanya sekali tapi berulang-ulang.

Hal itu membuat berbagai pihak geram, termasuk para wakil rakyat di DPRD Kota Cilegon. Komisi II DPRD) Cilegon pun bersikap.

Mereka mendatangi PT Dover Chemical, Senin (28/10/2019) sekitar pukul 13.00 WIB dan diterima pihak managemen perusahaan.

Ketua Komisi II DPRD Cilegon, Faturohmi mendesak agar kasus pencemaran udara yang disebabkan oleh PT Dover bisa terselesaikan. Ia mendesak PT Dover segera melakukan bedol desa.

“Kejadian pencemaran udara yang disebabkan oleh mereka (PT Dover) kan bukan hanya sekali dua kali aja. Tapi, sudah sering terjadi. Warga ngadu dan meminta untuk bedol desa aja, karena memang permasalahan bau ini tak kunjung selesai,” kata Faturohmi, Senin (28/10/2019).

Ia menambahkan, akibat pencemaran udara dari perusahaan itu mengakibatkan warga yang berada tidak jauh dari dari PT Dover mengalami gangguan pernafasan hingga pingsan.

“Ini kan kejadian yang sangat buruk. Mau sampai kapan masyarakat kita merasakan bau menyengat dari PT Dover?” tambahnya.

Gahturohmi meminta pihak managemen PT Dover tidak main-main dengan kegagalan teknologi yang menyebabkan kebocoran kimia. Ia mendesak PT Dover untuk secepatnya melakukan bedol desa agar warga tidak merasakan gangguan pencemaran udara kembali.

“Harus segera dilakukan. Jika tidak, kami akan langsung rekomendasikan ke pemerintah untuk mengambil sikap tegas kepada PT Dover,” kata Faturohmi.

Sementara itu, Human Resources & General Affair PT Dover, Dade Suparna mengklaim rencana bedol desa sudah dilakukan pada 2016 lalu. Namun, harga pembebasan tanah warga terlalu tinggi hingga perusahaan tak sanggup membayar.

“Kita sudah ada rencana itu tahun 2016, tim appraisal sudah turun waktu itu, tapi ada ketidaksesuain diharga pembebasan tanahnya. Karena kondisi perusahaan lagi down,” katanya.

Atas kondisi ini, perusahan belum sanggup untuk merealisasikan pendapat dari warga maupun DPRD Cilegon untuk membedol desa para warga.

“Jujur kami belum bisa bedol desa. Saat ini kami hanya menyiapkan tim medis apabila terjadi kejadian yang sama seperti ini,” pungkasnya.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon
No Comment

Leave a Reply

*

*

google.com, pub-1102232992410596, DIRECT, f08c47fec0942fa0

RELATED BY