Cilegon Dua Kali Raih Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Predikat sebagai kota sehat tingkat Swasti Saba Wistara kembali diraih oleh Kota Cilegon untuk kedua kalinya.

Pada acara penganugrahan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat (KKS) tahun 2019 yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Selasa 19 November kemarin di Jakarta, Kota Cilegon kembali mendapat predikat kota sehat tahun 2019 tingkat Swasti Saba Wistara.

Penghargaan diberikan kepada 6 Gubernur, 177 Bupati dan Walikota serta 3 orang motivator dari tim pembina yang aktif mengkoordinasikan dan membina seluruh forum kabupaten/kota di wilayah provinsinya untuk menyelenggarakan kabupaten/kota sehat.

Kepala Dinkes Cilegon, dr Arriadna mengatakan, anugrah Swasti Saba Wistara yang diberikan kepada Kota Cilegon ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya pernah diraih pada 2017 lalu.

“Kita pernah mendapatkan penghargaan Kota Sehat tingkat Swasti Saba Padapa tahun 2013 dan Swastisaba Wiwerda 2015, lalu pada tahun 2019 ini kita mendapatkan Swastisaba Wistara yang kedua kali setelah tahun 2017 kemarin,” katanya, Rabu (20/11/2019).

dr Arriadna juga menuturkan, penghargaan tersebut diraih Kota Cilegon karena telah memenuhi 7 kriteria tatanan yaitu kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan Industri dan Perkantoran Sehat, Kawasan Pariwisata Sehat, Kawasan Pangan dan Gizi, Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri, serta Kehidupan Sosial yang Sehat, sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor:1138/Menkes/PB/VIII/2005.

“Jadi penilaiannya itu tidak hanya dari Kesehatan saja tetapi semua OPD yang berurusan kriteria Kota Sehat tersebut. Dari sembilan tatanan yang diberikan Kemenkes dan Kemendagri kita memang hanya memenuhi tujuh tatanan karena di Cilegon tidak ada Hutan, serta pertambangan sehat, kita juga tidak punya,” tuturnya.

dr Arriadna berharap, diraih penghargaan tersebut akan lebih meningkatkan Kesehatan di lingkungan masyarakat serta dilingkungan OPD di Kota Cilegon.

“Kita berharap dapat lebih memotivasi kita untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, sehingga dapat menjadi agenda Cilegon sehat yang harus dilakukan oleh Masyarakat, Pemerintah, serta pihak Swasta di Kota Cilegon,” harapnya.

Untuk diketahui bahwa penghargaan KKS bukanlah sebuah lomba melainkan apresiasi pemerinta pusat pada pemerintah daerah yang sudah menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan.

Kriteria penghargaan adalah Padapa kualifikasi pemantapan (2 tatanan), Wiwerda untuk kualifikasi pembinaan (3 tatanan), dan Wistara untuk kualifikasi pengembangan (5 tatanan).

Zainal Mutakin

Categories
CilegonKesehatan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY