Dahsyat! Manfaat Kopi Pahit Bagi Kesehatan

BERITAKARYA.CO.ID - Kafein sejatinya dapat menyembuhkan berbagai macam keluhan kesehatan asal digunakan sesuai dosis yang benar. Dan kopi memang memiliki kafein. Kafein berfungsi mempercepat kinerja otak.
KOPI HITAM/Dok KafeKeliling

Minum segelas kopi dengan gula, sebaiknya segera Anda hindari. Dilansir dari lifestyle.okezone.com, dalam sebuah studi terbaru, para ahli menyelidiki perbedaan pengaruh seseorang yang minum kopi tanpa gula, dan dengan ditambahkan gula. Ada efek samping yang menyebabkan gangguan kesehatan tubuh, jika Anda terlalu sering minum kopi dengan gula.

Salah satu studi ini yang diungkap oleh Elaine Rush PhD dari Auckland University of Technology. Dia menggambarkan pengaruh aktivitas jantung dan produksi karbondioksida dalam tubuh, seperti dilansir Timesofindia.

Diketahui pula bahwa mengonsumsi kopi dengan gula dapat mempengaruhi metabolisme tubuh, menyebabkan perubahan hati, penurunan fungsi kerja otak, gangguan pernapasan hingga berat badan.

Karenanya, memutuskan minum kopi tanpa gula merupakan keputusan yang tepat karena kandungan antioksidan kopi serta nutrisi lain seperti vitamin E, kalium, kromium (berfungsi untuk mengendalikan gula darah dalam tubuh) dan juga niasin, sangat baik untuk tubuh.

Magnesium dan kromium dapat menurunkan resiko kolesterol dalam darah seperti dilansir pontianak.tribunnews.com.

Niasin (bahasa Inggris niacin, nicotinic acid vitamine) adalah salah satu senyawa organik yang ditemukan pada tahun 1937, yang berfungsi untuk mencegah penyakit pelagra. Sementara Pelagra adalah penyakit yang disebabkan karena kekurangan niasin.

Penyakit pelagra memiliki karakteristik 3D yaitu dermatitis, demensia, serta diare. Penderita penyakit pelagra apabila kulitnya terpapar sinar matahari maka akan meradang.

Dengan mengonsumsi kopi tanpa gula dengan rutin, maka kandungan flavonoid dalam kopi dapat mencegah penyakit akut. Untuk mencegah penurunan fungsi syaraf saat sudah tua, maka Anda bisa mengkonsumsi kopi pahit tanpa gula.

Mengonsumsi kopi pahit tanpa gula terbukti secara kognitif mampu mencegah risiko penuaan yang berhubungan dengan saraf? Mengonsumsi kopi pahit tanpa gula memang sudah terkenal dengan baik untuk mengontrol kenaikan kadar gula dan itu sebabnya, kopi pahit tanpa gula juga mampu mengurangi potensi diabetes.

Hal ini bisa terjadi karena kopi dapat melancarkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga produksi insulin akan lancar serta memenuhi kebutuhan tubuh.

Mengonsumsi kopi hitam tanpa gula secara rutin akan membuat hormon insulin berproduksi secara lancar.

Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi kopi tanpa gula maka Anda bisa melindungi diri Anda dari serangan kanker usus besar dan kanker prostat.

Bahkan saat Anda mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula, maka nutrisi yang dimiliki oleh kopi akan bekerja secara maksimal untuk melawan sel-sel pembentukan kanker.

Dengan mengkonsumsi kopi tanpa gula maka tubuh Anda akan menjadi lebih bugar. Kandungan kalsium pada kopi juga baik untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

Yang menyedihkan adalah bahwa wanita merupakan orang yang paling mudah untuk terkena penyakit tulang. Hal ini disebabkan oleh penyerapan kalsium yang tidak berjalan dengan baik.

Kalium pada kopi sangat baik untuk menguatkan otot-otot jantung yang mana dapat menjaga agar detak jantung berjalan normal dan juga mencegah terjadinya penyumbatan darah pada jantung.

Baca Sumber

Uploader: Iffan Gondrong

Categories
Kesehatan
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY