Danlanal Didorong Pimpin POSSI Banten

BERITAKARYA.CO.ID, SERANG - Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banten, Kolonel Laut (P) Golkariansyah disebut-sebut sebagai sosok yang paling pas untuk memipin Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Provinsi Banten. Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi para Pengurus POSSI Kabupaten/Kota dengan pengurus KONI Banten, di salah satu ruangan di Kantor KONI Banten, Selasa (15/10/2019). 

Munculnya nama Danlanal Banten, Kolonel Laut (P) Golkariansyah itu sejalan dengan berakhirnya masa kepengurusan Pengprov POSSI Banten yang saat ini kekosongan kepemimpinan. Perlu diketahui, POSSI Banten saat ini dipimpin oleh Plh Ketua, Tribowo Soebiandono dari PB POSSI.

Selanjutnya, KONI Banten merekomendasikan tugas kepada tiga pengurus KONI Banten yakni Djajuli Khasan ( Wakil Sekretaris KONI Banten), Koswara Purwasasmita (Ketua Bidang Organisasi & Hukum), dan Oding Tatang (Anggota Bidang Pembinaan Prestasi) untuk membantu dan mendampingi Plh Pengprov POSSI Banten sampai terbentuknya kepengurusan Pengprov POSSI Banten.

Dalam rapat koordinasi yang juga dihadiri Sekjen KONI Banten, Sutaryono itu, Djajuli Khasan meminta saran dan masukan dari Pengcab POSSI Kabupaten/Kota yang hadir. Sedikitnya ada tiga hal yang dibahas dalam rapat koordinasi tersebut.

Pertama, penentuan tanggal pelaksanaan Musyawarah Provinsi untuk memilih Katua Umum POSSI Banten, pembentukan panitia Musprov, hingga meminta saran untuk memunculkan nama yang paling pas memimpin POSSI Banten.

Adalah Ketua POSSI Cilegon, Irfan Ali Hakim yang pertama kali mengusulkan Danlanal Banten, Kolonel Laut (P) Golkariansyah sebagai calon Ketua Umum POSSI Banten. “Alasan tentu saja untuk memecah kebuntuan di POSSI Banten. Butuh sosok netral yang juga punya kompetensi. Dan menurut saya sosok yang pas adalah Danlanal Banten,” ujar Irfan.

Usulan itu ternyata diamini Ketum POSSI Kota Serang, Dimas, POSSI Kota Tangsel, Livia, serta peserta rapat lainnya. Umumnya berpendapat bahwa Danlanal Banten adalah sosok yang tepat untuk mengindari friksi di internal POSSI sendiri.

Bahkan Djajuli Khasan pun tidak bisa menyembunyikan kepuasannya saat nama Danlanal muncul. Sebab, kata Djajuli Khasan, jauh sebelumnya nama Danlanal memang beberapa kali disebut oleh para pengurus KONI menyusul kekosongan Pengprov POSSI Banten.

“Alhamdulillah, nama mulai mengerucut. Tetapi nanti, proses pemilihan tetap dilaksanakan sesuai AD/ART POSSI agar tidak ada masalah dikemudian hari,” tandasnya.

Selain membahas tentang bakal calon Ketum POSSI Banten, rapat koordinasi juga menyepakati Musprov POSSI Banten akan digelar setelah Pra PON yang akan dilangsungkan bulan Oktober ini. Artinya, pelaksanaan Musprov POSSI Banten akan digelar pada November mendatang.

“Sepakat ya. Soal tanggalnya nanti kita bahas kemudian setelah Pra PON,” tegas Djajuli Khasan.

Iffan Gondrong

Categories
Olahraga
google.com, pub-1102232992410596, DIRECT, f08c47fec0942fa0

RELATED BY