Dari Ide Bupati Serang, Lahirlah Batik Anyer

BERITAKARYA.CO.ID, SERANG - Gagasan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah agar Kabupaten Serang memiliki batik khas daerah terwujud.
Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah sedang membatik bersama warga/beritakarya.co.id

Gagasan yang sebelumnya telah didiskusikan itu diwujudkan bersama Framadea, tokoh masyarakat Kecamatan Anyar dengan meluncurkan Batik Anyer, Kamis (30/3/2017).

Menurut Framadea, Kecamatan Anyar harus punya kelebihan selain destinasi wisata pantai. Salah satunya diwujudkan dengan sentra pembuatan Batik Anyar.

“Produksi Batik Anyar ini berdasarkan obrolan saya dengan Ibu Tatu, agar Anyar ini punya destinasi selain pariwisata yang punya nilai ekonomi tinggi,” kata Pembina Batik Anyar tersebut.

Bukan hanya produksi Batik Anyar, Framadea juga memberdayakan masyarakat Kecamatan Anyar dan Cinangka. Kemudian melatih siswa sekolah dasar hingga sekolah menengah atas (SMA) untuk bisa membatik.

“Kami mengangkat nama Batik Anyar karena ingin mengangkat kearifan lokal, dan menambah destinasi wisata di Kecamatan Anyar,” ujarnya.

Sementara dalam sambutannya, Tatu membenarkan, Batik Anyar berawal dari diskusi dirinya bersama Framadea dan Helldy Agustian, pengusaha Banten yang telah membuat brand Batik Krakatoa di Kota Cilegon.

“Ini bentuk sinergitas antara Pemda Serang dengan tokoh masyarakat dan pengusaha di Kabupaten Serang,” ujarnya.

Menurutnya, Batik Anyar bisa menjadi souvenir atau oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke Anyar. “Bahkan wisatawan bisa mencoba cara membatik,” ujarnya.

Tatu meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan membuka pelatihan khusus membatik bagi siswa SMK di sekitar Anyar dan Cinangka. “Lulusan SMK memang kita dorong untuk berwirausaha,” ujarnya.

Tatu menambahkan bahwa perajin batik di Kabupaten Serang juga berada di Kecamatan Kramatwatu dan Gunungsari. “Saya ingin kita diskusikan bersama, para pengusaha batik duduk bersama untuk membuat batik khas Kabupaten Serang. Kita bersama memajukan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Untuk diketahui, Batik Anyar terdiri dari berbagai motif. Antara lain motif Mercusuar Nol Kilometer, motif Karang Bolong, dan motif Pendopo Bupati Serang.(*)

Editor: Iffan Gondrong

Categories
Serang
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY

  • Kampung Dongeng dan Geliat Literasi

    Menurut rencana, Kampung Dongeng akan diresmikan oleh Walikota Serang, Syafrudin dan Ketua Umum Kampung Dongeng Indonesia Pusat, Awam Prakoso. Sebelum peresmian, kegiatan akan diisi dengan workshop mendongeng bagi guru...
  • Kwarda Banten Cetak Kader-kader Pramuka Militan

    Menurut rencana, kursus dilakukan dari Kamis hingga Minggu (24/11/2019) mendatang. Pelatihan yang berorientasi pada pengembangan potensi peserta agar mahir menjadi pemimpin tersebut, menjadi agenda tahunan Kwarda Banten dalam mencetak...
  • Bakamla KN Belut Laut Amankan Kapal dan 35 Ton Solar Ilegal

    Letda Bakamla Pradhiptya Khrisna, dalam keterangan tertulis mengatakan, pada saat melaksanakan patroli di Perairan Bojonegara menggunakan Sea Rider sekitar pukul 22.40 WIB, pada posisi koordinat 05 56’800″ S-106°07’500E mendeteksi...
  • Wagub Banten: Jadilah Job Creator

    Dalam paparannya sebagai salah satu keynote speaker di acara yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari disiplin ilmu perekonomian itu, Andika mengajak untuk melakukan pengembangan potensi ekonomi digital. “Di antaranya...