Deadlock, DPR Akhirnya Voting Pimpinan KPK

BERITAKARYA.CO.ID, JAKARTA - Komisi III DPR RI tidak mencapai kata sepakat alias deadlock untuk menentukan lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Periode 2019-2023, Kamis (12/9/2019).
Mahasiswa usai bentangkan spanduk/Foto Repro RMOL.id/NET

Karenanya, Anggota Komisi III dari 10 fraksi pun sepakat menggunakan mekanisme voting atau pemungutan suara sebagai jalan akhir dari kebuntuan itu. Hari ini, Komisi III DPR sudah menyelesaikan tahapan wawancara terhadap 10 nama calon pimpinan KPK.

Pada bagian lain, belasan mahasiswa sempat mengganggu jalannya uji kepatutan dan kelayakan di Ruang Rapat Komisi III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/8/2019).

Mahasiswa yang mengenakan almamater dari Universitas Indonesia, Universitas Indraprasta PGRI (Unindra), Universitas Trisakti, dan Institut Teknologi Bandung itu membentangkan sejumlah poster.

Salah satu poster yang angkat mahasiswa adalah tulisan SOS atau situasi darurat. Salah satu mahasiswa menggunakan laser dan diarahkan pada Ketua Komisi III, Aziz Syamsuddin yang tengah memimpin rapat.

Aksi mahasiswa ini tidak berlangsung lama. Pasukan Pengamanan Dalam (Pamdal) langsung mengamankan mereka keluar ruangan.

“Kita hanya menonton dan menyampaikan aspirasi, yang kami tahu tidak boleh membuat kegaduhan,” ujar salah satu mahasiswa saat diamankan seperti dilansir RMOL.id.

Petugas pun mencoba persuasif. Salah satu petugas keamanan, Herman menyebut ada aturan terkait aktivitas pengunjung suatu rapat.

“Ada aturannya, sudahlah kita nggak usah berdebat. Kami hanya menjalankan tugas,” tegasnya.

Berikut nama lengkap 10 nama calon pimpinan KPK yang diserahkan oleh Presiden Jokowi dan selesai diuji oleh DPR RI:

1. Alexander Marwata
2. Irjen Firli Bahuri
3. I Nyoman Wara
4. Johanes Tanak
5. Lili Pintauli Siregar
6. Lutfi Jayadi Kurniawan
7. Nawawi Pomolango
8. Nurul Ghufron
9. Robby Arya Brata
10. Sigit Danang Joyo.

Uploader: Iffan Gondrong

Categories
Nasional
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY