Devile 12 Kapal Warnai Pengibaran Bendera di Dasar Laut

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Sedikitnya 12 kapal akan terlibat dalam devile upacara pengibaran bendera di dasar laut pada 17 Agustus mendatang.

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten menurunkan dua kapal Patkamla dan 1 KAL, Ditpolairud menurunkan 5 kapal, Basarnas menurunkan 2 kapal, Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Cilegon 1 kapal, dan satu kapal lainnya dari klub selam CAI.

Akhirnya, pengibaran Merah Putih di bawah laut pada 17 Agustus mendatang di Pulau Sangiang itu pun dipastikan akan menjadi event besar karena melibatkan banyak pihak.

Jika sebelumnya acara tersebut hanya diikuti Lanal Banten dan POSSI Kota Cilegon, kini agenda perayaan HUT RI itu akan diikuti berbagai elemen masyarakat dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cilegon.

Dalam rapat koordinasi sekaligus technical meeting persiapan pelaksanaan yang digelar di Mako Lanal Banten, Rabu (7/8/2019) siang tadi, selain Lanal Banten dan POSSI Kota Cilegon, pihak-pihak yang akan terlibat dalam pengibaran Merah Putih di dasar laut itu antara lain Anggota Kopassus, Polairud Polda Banten, Badan SAR Nasional (Basarnas), Polwan Polres Cilegon, Dandim Cilegon, Saka Bahari, dan perwakilan klub selam yang ada di Kota Cilegon.

Danlanal Banten Letkol Laut (P) Golkariansyah mengungkapkan kebahagiaan yang tiada tara atas banyaknya pihak yang terlibat.

“Alhamdulillah acara ini telah menjadi event besar, karena akan diikuti oleh Pak Wali (Walikota Cilegon, Edi Ariadi-red), Pak Dirpolairud (Kombes Pol Nunung Syaifuddin, red), Pak Kapolres Cilegon (AKBP Rizki Agung Prakoso, red), Pak Dandim 0623 Cilegon, Letkol Arm Rico Ricardo), Kabasarnas Banten (Zainal Arifin, red) juga dari tim divers industri-industri di Cilegon,” ungkapnya.

Banyaknya peserta yang terlibat membuat Lanal Banten dan panitia dari POSSI Cilegon perlu membuat perencanaan lebih detail.

“Karena pesertanya banyak, segala sisi harus dibahas secara detail. Baik itu sisi kelancaran acara, hingga keselamatannya. Karena ini kan agenda di bawah laut, risikonya juga lebih besar,” ujarnya.

Sementara itu, Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Banten, Letkol Laut (P) Arif Prasetyo mengatakan, selain agenda pengibaran bendera, juga akan dilakukan penanaman terumbu karang di dasar laut, dilanjutkan dengan bersih-bersih laut yang dipusatkan di Perairan Pulau Sangiang.

“Lokasi pengibaran sudah kami tentukan, begitu juga penamanan terumbu karang serta pembersihan sampah bawah laut. Ini semua akan menjadi rangkaian acara pada hari proklamasi nanti,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua POSSI Kota Cilegon, Irfan Ali Hakim mengaku bersyukur atas tingginya animo dari Forkopimda dan stakeholder atas acara tersebut.

“Saya tidak menyangka kegiatan ini akan sebesar ini.  Tentunya kami akan berupaya agar acara ini berjalan lancar dan aman,” pungkasnya.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY