Dilantik, Endang Langsung Tancap Gas

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Ruang Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon tampak padat. Tak ada kursi yang tersisa. Sebaliknya, malah banyak yang tidak kebagian kursi saking penuhnya ruangan.

Mereka hadir bukan untuk melakukan demo penolakan RUU KUHP, bukan pula mau mendukung RUU tersebut.

Para pejabat dan rakyat kumpul di gedung wakil rakyat itu untuk menyaksikan pengambilan sumpah janji Pimpinan DPRD Kota Cilegon Periode 2019-2024.

Berdasarkan SK Gubernur Banten tentang Peresmian Pimpinan DPRD Kota Cilegon Periode 2019-2024 tertanggal 23 September 2019, ditetapkan Pimpinan DPRD Kota Cilegon yaitu Endang Efendi dari Partai Golkar sebagai Ketua DPRD Kota Cilegon, Sokhidin dari Gerindra dan Nurrotul Uyun dari PKS sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon.

Pengambilan dan pengucapan sumpah janji Pimpinan DPRD Kota Cilegon dipimpin Ketua Pengadilan Negeri (PN) Serang disaksikan Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati, Anggota DPRD Kota Cilegon, Kapolres Cilegon, Kajati Cilegon, Dandim 0623/Cilegon, pejabat Pemkot Cilegon, serta organisasi masyarakat dan organisasi pemuda, Rabu (25/9/2019).

Usai pengambilan sumpah, Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati dalam sambutannya mengucapkan selamat menjalankan tugas kepada Pimpinan DPRD Kota Cilegon.

“Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada bapak ibu yang baru saja dilantik sebagai Pimpinan DPRD Kota Cilegon,” ujar Ratu Ati.

Sesuai dengan amanat konstitusi, lanjut Ratu Ati Marliati, Pimpinan DPRD Kota Cilegon adalah nahkoda yang telah dipercaya oleh partai politik untuk memimpin lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

Segenap masyarakat Kota Cilegon menaruh harapan besar kepada pimpinan dan anggota DPRD Kota Cilegon sebagai wakil rakyat untuk senantiasa memerjuangkan amanah dan aspirasi masyarakat dengan menjalankan tugas fungsi dan kewenangannya sesuai peraturan perundang-undangan.

“Saya berharap lahir inovasi-inovasi baru. Walaupun DPRD terdiri dari berbagai partai politik, tapi saya ingin DPRD menjadi satu warna dan satu kepentingan, yaitu kepentingan untuk mensejahterakan masyarakat Kota Cilegon,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Ratu Ati, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Tata Tertib DPRD, dimana DPRD berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang memiliki tanggung jawab untuk menjalankan fungsi pembentukan Perda yang dilaksanakan sebagai perwujudan DPRD selaku pemegang kekuasaan membentuk peraturan daerah, serta fungsi anggaran yang dilaksanakan untuk membahas dan memberikan persetujuan atau tidak memberikan persetujuan terhadap rancangan APBD yang diajukan oleh eksekutif, dan fungsi pengawasan yang dilaksanakan melalui pengawasan atas pelaksanaaan peraturan daerah dan APBD.

“Tentunya diharapkan dapat mempercepat kemajuan daerah. Hal itu dapat dimaknai bahwa DPRD memiliki tanggung jawab yang sama dengan kepala daerah untuk mencapai tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Dengan ini saya berharap DPRD dapat meningkatkan kerjasama antara legislatif dan eksekutif dalam pembangunan daerah di Kota Cilegon dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Ketua DPRD Cilegon, Endang Efendi usai ditetapkan sebagai ketua definitif masa jabatan 2019-2024 mengatakan dirinya bersama Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon akan secepatnya membentuk panitia khusus (Pansus) untuk membahas tata tertib (Tatib) serta membentuk alat kelengkapan dewan (AKD) agar wakil rakyat dapat segera menjalankan tugas.

“Yang ditunggu adalah tata tertib, karena harus segera dibuat. Insya Allah saya targetkan minggu depan sudah selesai, karena besok paripurna tata tertib, tentunya kita berjalan sesuai mekanisme. Sekarang kita setelah paripurna ini kan mengadakan rapat membentuk pansus untuk membahas tatib dan membentuk AKD. Supaya kita semua bisa segera menjalankan tugas sebagai wakil rakyat,” terang Endang.

Sementara untuk pembagian posisi (pimpinan) di AKD, Endang menegaskan bahwa itu sudah ada mekanismenya. “Intinya kan disini kita harus menjalankan komunikasi yang baik dengan semua partai politik, yang pasti kita menjalankan tugas untuk kepentingan membangun dan mensejahterakan masyarakat Kota Cilegon,” tandasnya.

Ia berharap kerja cepat yang akan dilakukan dapat mempercepat kemajuan daerah.¬†“Saya berharap DPRD dapat meningkatkan kerjasama dengan¬† eksekutif dalam pembangunan daerah di Kota Cilegon dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Politik
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY