Disnaker Duga Laka Kerja di KBS Karena Kesalahan Prosedur

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Mekanik alat berat Tri Harjono (41) yang tewas saat memperbaiki eskavator di Dermaga 1.4 Pelabuhan PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) diduga terjadi karena kesalahan prosedur. Pasalnya perbaikan itu dilakukan pada saat bongkar muat di atas kapal.
Penyidik Ketenagakerjaan Disnakertrans Provinsi Banten saat melakukan pengecekan lokasi kecelakaan kerja di pelabuhan KBS (istimewa)/beritakarya.co.id

Penyidik Ketenagakerjaan pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten, Rachmatullah mengatakan pihaknya sudah melakukan penyelidikan sementara terkait kecelakaan kerja yang terjadi di kawasan pelabuhan milik anak perusahaan PT Krakatau Steel itu.

“Kita akan buka keterkaitan apakah betul prosedur perbaikan eskavator itu harus di lokasi (di atas kapal) atau tidak. Makanya ini kan kita baru akan tanyakan ke pihak perusahaan,” katanya kepada wartawan, Rabu (29/3/2017).

Dikatakan, kondisi eskavator seharusnya sudah siap beroperasi ketika memasuki ke dalam kapal untuk melakukan aktivitas bongkar muat. “Itu yang kita akan dalami kenapa pada saat eskavator berhenti itu, padahal eskavator itu masuk ke dalam harusnya sudah siap beroperasi,” jelasnya.

Kasus kecelakaan kerja itu diketahui menelan korban Tri Harjono yang diketahui warga Dusun Ringinsari, Desa Padangan, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri Jawa Timur.

Saat kejadian,korban yang merupakan karyawan PT Wira Buana Abadi selaku perusahaan penyedia jasa mekanik untuk perbaikan alat berat tersebut tengah memperbaikan eskavator,namun tiba-tiba tertimbun longsoran bungkil.

“Diketahui bahwa eskavator itu mengalami kerusakan di cargo, karena aktivitas itu terhenti karena mengalami kendala, diturunkanlah tim mekanik itu, saat diturunkan itu mekanik itu persis di samping eskavator, kondisi sebenarnya eskavator itu jatuh,” ungkapnya.

Setelah melakukan penyelidikan atas tewasnya pekerja itu, pihak Disnakertrans Provinsi Banten akan membentuk tim penyidik khusus untuk menangani kecelakaan kerja yang menyebabkan meninggalnya Tri Sarjino.(K1)

Editor: Iffan Gondrong

Categories
Cilegon
No Comment

Leave a Reply

*

*

google.com, pub-1102232992410596, DIRECT, f08c47fec0942fa0

RELATED BY