Dua Kebakaran Hanguskan Ruko dan Rumah Warga

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Dalam sepekan, dua kebakaran hebat terjadi di Kota Cilegon.

Musibah kebakaran pertama terjadi pada Sabtu (14/9/2019). Tiga rumah di Lingkungan Curug, Kelurahaan Rawa Arum, Kecamatan Grogol dilalap Si Jago Merah..

Musibah kebakaran hebat lainnya terjadi pada Ahad (15/9/2019) dini hari lalu. Kebakaran meluluhlantahkan tiga ruko di Jalan Apolo Linkungan Baru, RT 02, RW 08 Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang.

Dua musibah kebakaran itu diduga akibat arus pendek listrik. Tidak ada korban jiwa pada dua insiden itu, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kebakaran di Jalan Apolo terjadi pukul 00.05 WIB. Tiga toko elektronik Toko Terang Cilegon, Toko Tunas dan Toko Tunas Baru ludes.

Ade (24), aekuriti Toko Terang Cilegon, mengungkapkan, awalnya ia melihat kepulan asap hitam dari bagian depan toko sebelum api membesar.

“Awalnya asap Mas, lalu muncul api. Jeda antara keluar asap dan api itu enggak lama. Apinya membesar dalam waktu singkat,” katanya.

Saat melihat asap, Ade sebetulnya langsung melapor ke Pos Lantas Masjid Agung Cilegon. Saat itu, ia diterima oleh Bripka Leo selaku piket Pos Lantas.

“Pak Leo waktu itu langsung laporan ke Mapolres Cilegon, juga ke Dinas Damkar Cilegon,” ujarnya.

Tak lama berselang, lima unit mobil Damkar Kota Cilegon dan dua unit mobil dari Damkar PT Krakatau Steel (KS) tiba di lokasi kejadian. Namun api telah menyambar tiga toko lain, yakni Toko Tunas dan Toko Tunas Baru.

Api baru bisa dikuasai sekitar pukul 03.00 WIB. Komandan Peleton (Danton) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cilegon, Heri Istrada mengatakan, dugaan kebakaran adalah arus pendek.

“Sepertinya ini akibat dari arus pendek. Untuk kerugian kami belum bisa menaksir, karena semua barang elektronik di tiga toko itu tidak terselamatkan,” tuturnya.

Heri juga membenarkan kebakaran di Kelurahan Rawa Arum pada Sabtu (14/9/2019) sekitar pukul 07.57 WIB. Rumah milik Johari, Suherman dan Khoirul Rohman dilalap api.

“Tidak ada korban jiwa pada kebakaran Sabtu (14/9/2019) itu. Barang-barang pemilik rumah ludes terbakar api,” ucap Heri.

Pihaknya menerjunkan tiga unit damkar guna dilakukan pemadaman. Api sendiri bisa dipadamkan sekitar satu jam kemudian.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon
No Comment

Leave a Reply

*

*

google.com, pub-1102232992410596, DIRECT, f08c47fec0942fa0

RELATED BY