Empat Parpol Gagal Masuk DPRD Banten

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Empat partai politik (parpol) gagal mendapatkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten dalam Pileg 2019 lalu.
PLENO: Suasana Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Banten Pemilu Tahun 2019 KPU Banten, Senin (12/8/2019) di Ballroom Hotel The Royale Krakatau, Kota Cilegon/Beritakarya.co.id

Empat parpol dimaksud adalah Partai Garuda, Partai Perindo, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Sementara 12 parpol lain berhasil menduduki kursi legislatif di tingkat Banten.

Hal tersebut terungkap dalam Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Banten Pemilu Tahun 2019 KPU Banten, Senin (12/8/2019) di Ballroom Hotel The Royale Krakatau, Kota Cilegon.

Berdasarkan data KPU Banten, dari total 85 kursi DPRD Provinsi Banten, Partai Gerindra menempati urutan pertama dengan memperoleh 16 kursi, disusul PDIP dengan 13 kursi, Partai Golkar dan PKS memeroleh hasil yang sama yaitu sebanyak 11 kursi.

Lainnya, Partai Demokrat 9 kursi, PKB 7 kursi, PAN 6 kursi, PPP 5 kursi, Nasdem 4 kursi, Berkarya 1 kursi, PSI 1 kursi, Hanura 1 kursi.

Ketua KPU Banten, Wahyu Furqon mengatakan, rapat pleno berjalan lancar. Katanya, tidak ada parpol peserta pileg yang mengajukan keberatan atas hasil pileg yang dibacakan pihaknya.

“Alhamdulillah tidak ada koreksi dari peserta rapat pleno. Semua berjalan lancar dan dapat diterima oleh pimpinan partai politik,” kata Wahyu Furqon kepada awak media.

Untuk pelantikan, Wahyu Furqon menuturkan pihak KPU akan segera melaporkan hasil rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih Anggota DPRD Banten Pemilu Tahun 2019 kepada pimpinan parpol, Bawaslu Banten, serta Pemerintah Provinsi Banten.

“Kami akan serahkan salinan berita acara kepada pimpinan parpol, Bawaslu, serta Pemprov Banten,” ujarnya.

Namun begitu, pihaknya masih menunggu hasil sengketa Pileg di internal partai Hanura. Dimana saat ini, sengketa internal partai telah masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK) internal Partai Hanura.

“Hanya Partai Hanura yang belum menyelesaikan persoalan internalnya. Kami masih menunggu hasil dari sengketa internal itu. Namun tahapan KPU tidak akan terhambat oleh persoalan Hanura,” tuturnya.

Terpisah, Wakil Sekretaris DPD Hanura Banten, Akhmad Jazuli membenarkan hal tersebut. Katanya, MK Partai Hanura baru akan memberikan putusan Rabu (14/8/2019) ini.

“Memang di internal kami ada sengketa perolehan suara, sekarang ini sudah masuk pembahasan di MK Partai Hanura. Inginnya kami sih putusan sudah ada sebelum pleno ini, tapi nyatanya baru Rabu (14/8/2019) akan keluarnya,” pungkasnya.

Iffan Gondrong

Categories
Politik
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY