Golkar Optimis NasDem Dukung Ratu Ati Pada Pilkada 2020

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020, partai politik (Parpol) memulai tahapan untuk melakukan seleksi kandidat bakal calon pemimpin daerah melalui penjaringan.
Pengurus DPD Golkar Cilegon Saat Mengambil Formulir Penjaringan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota di Sekretariat NasDem Cilegon

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (NasDem) saat ini tengah melakukan penjaringan bakal calon walikota dan wakil walikota yang akan diusung pada Pilkada 2020 Kota Cilegon.

Sejumlah tokoh dan politisi di Kota Cilegon mulai bermunculan melalui penjaringan tersebut, salah satunya adalah Ratu Ati Marliati.

Ratu Ati Marliati diprediksi menjadi calon kuat di Pilkada 2020 mendatang. Selain diusung oleh Partai Golkar yang merupakan partai pemilik kursi DPRD terbanyak, Ratu Ati Marluati juga saat ini duduk sebagai Wakil Walikota Cilegon.

Pengambilan formulir diwakili oleh pengurus DPD II Partai Golkar Kota Cilegon.

Sekretaris DPD II Partai Golkar Cilegon, Sutisna Abbas mengatakan, pihaknya telah mengambilkan formulir penjaringan Bakal Calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Cilegon untuk Pilkada 2020. Jika saat ini, Ati masih duduk di kursi Wakil Walikota Cilegon, ke depan diharapkan Ati bisa menjadi Walikota Cilegon periode 2021-2026.

“Kita mengambil formulir di Nasdem setelah dilakukan Rapim (Rapat Pimpinan),” kata pria yang biasa disapa Tisna itu, Minggu (6/10/2019).

Bersama dengan sejumlah pengurus Partai Golkar Cilegon saat mengambil formulir penjaringan, Tisna mengaku optimis Partai Nasdem akan mendukung Ratu Ati Marliati sebagai calon Walikota Cilegon Periode 2021-2026.

“Pada akhir November atau awal Desember kita akan gelar Rapim DPD Partai Golkar Cilegon untuk menentukan arah koalisi di Pilkada 2020,” tuturnya.

Diketahui saat ini tercatat 11 orang yang mengambil formulir penjaringan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon di Partai Nasdem. Antara lain Reno Yanuar (DPIP), Iye Iman Rohiman yang mendaftar dari jalur perseorangan, Ketua DPD PAN Cilegon, Alawi Mahmud yang juga mendaftar dari jalur perseorangan. Ketua DPW Partai Berkarya Banten, Helldy Agustian.

Selanjutnya Habibudin, Dede Rohana Anggota DPRD Banten, Andi Suhandi (pengusaha).

Politisi Partai Nasdem, Erick Rebi’in juga ambil bagian dalam penjaringan tersebut, namun mengatasnamakan dari jalur perseorangan. Ada juga, Ketua PB Al-Khairiyiah, Ali Mujahidin, dan aktor Lian Firman.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Nasdem Kota Cilegon, Ahmad Efendi mengatakan, tahapan pengambilan formulir untuk Penjaringan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon telah ditutup. Total, ada 11 orang yang mengambil formulir di Partai NasDem.

“Pengembalian berkas kami jadwalkan pada 13 sampai 15 Oktober 2019. Setelah itu, kami melakukan verifikasi data. Kemudian, pada 17 Okotber 2019 kami jadwalkan untuk Rapat Pleno DPD Partai NasDem,” katanya.

Dikatakan Efendi, hasil pleno akan mengusulkan tiga nama dari 11 orang yang melamar, kemudian tiga nama tersebut direkomendasikan ke DPW Partai NasDem Banten dan DPP Partai NasDem.

Hasil akhir, untuk penentuan dukungan atau pengusungan menjadi ranah Ketua Umum DPP Partai NasDem; Surya Paloh.

“Rekomendasi dari DPD ke DPP idealnya menjadi landasan ketika mengambil kebijakan di tataran DPP NasDem, keputusan akhir di Ketua DPP yang akan diusung dari Partai NasDem,” ujarnya.

Efendi menambahkan, pihaknya juga akan melakukan survei dengan menggandeng lembaga survei ternama. Hasil dari survei juga akan menjadi landasan untuk didukung.

“Biasanya, hasil survei jadi prioritas, yang surveinya tertinggi kesempatan untuk diusung cukup besar,” pungkasnya.

Uploader: Zainal Mutakin

Categories
CilegonPolitik
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY