Jelang Pilkada Butuh Kedewasaan Politik

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Jelang Pilkada Cilegon 2020, kedewasaan politik diperlukan untuk menjaga kondusifitas ditengah masyarakat.

Kedewasaan politik tersebut, bukan hanya harus dilakukan oleh pengurus dan kader partai politik (parpol) saja, tetapi peran serta tokoh masyarakat juga diperlukan. Terutama jelang kontestasi politik seperti Pilkada yang akan berlangsung di Kota Cilegon.

Mantan Ketua DPRD Kota Cilegon, Arif Riva’i Madawi, yang ditemui disela aktivitasnya mengatakan, kedewasaan politik dari para politisi sangatlah dibutuhkan demi menjaga kondusifitas dalam membangun suatu daerah.

“Kedewasaan politik disini dituntut untuk bagaimana para elit politik menyikapi persoalan dinamika politik. Artinya dalam konteks kepentingannya sama-sama untuk membangun, sama-sama untuk masyarakat, ayolah kita kompetisi ini dengan baik dengan sehat. Bersaing secara sehat, itulah inti kunci dari kedewasaan itu. Ketika kompetisi ini selesai, yah harus menyatu kembali di tengah-tengah masyarakat,” tutur Arif Madawi yang kini menjabat sebagai Dirut PT PCM.

Fungsi dan peran parpol, kata Arif, dirasa sangat penting, terutama dalam membangun dan membentuk kadernya menjadi seorang pemimpim yang memiliki kompetensi.

Masih kata Arif, dinamika politik di Kota Cilegon, sejauh ini telah menunjukkan kedewasaannya, dimana hal tersebut nampak dari beberapa parpol yang melakukan penjaringan secara terbuka bakal calon pemimpin daerah.

“Dinamika Cilegon ini langkahnya sangat baik. Saya sangat mengapresiasi, parpol di Cilegon saat ini sudah mulai melakukan langkah mencari kader pemimpin bukan hanya di internalnya saja, tetapi dari eksternal partai juga,” ujarnya.

Kedepan, Arif berharap agar setiap parpol yang ada di Kota Cilegon terus menjaga kondusifitas, terutama dalam kepentingannya mensejahterakan masyarakat dan membangun daerah.

“Dalam konteks kepentingan itulah, dalam hal bagaimana parpol ini punya kepentingan membangun masyarakat, itulah yang harus disatukan,” harapnya.

Zainal Mutakin

Categories
CilegonPolitik
No Comment

Leave a Reply

*

*

google.com, pub-1102232992410596, DIRECT, f08c47fec0942fa0

RELATED BY