Kelompok Informasi Masyarakat Punya Peran Strategis

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Peran dan kemampuan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam penyebaran informasi perlu dioptimalkan.

KIM harus menjadi bagian penting dalam pengelolaan informasi dan penyampaian informasi positif kepada masyarakat.

Hal itu dikatakan Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati saat membuka Sosialisasi dan Pembinaan Kelompik Informasi Masyarakat (KIM) Kota Cilegon, di Hotel Grand Mangku Putra, Seni (28/10/2019).

Dalam kegiatan yang dihadiri Kadis Kominfo Kota Cilegon, Achmad Jubaedi, Kabid Pengelola Informasi Komunikasi beserta jajaran, Wakil Ketua KIM Provinsi Banten, Mas Mulyana, Ketua Forum Komunikasi KIM Kota Cilegon, Ahmad Mahdi, Ketua KIM Kecamatan dan Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) se-Kota Cilegon itu, Ratu Ati Marliati menyampaikan bahwa pemerintah daerah sangat mengapresiasi Kelompok Informasi Masyarakat yang telah terbentuk di 8 kecamatan se-Kota Cilegon.

“Saya selaku Wakil Walikota Cilegon mengapresiasi Dinas Kominfo yang telah menyelenggrakan kegiatan ini,” kata Ratu Ati.

Ia menilai, sosialisasi dan pembinaaan KIM se-Kota Cilegon sangat penting untuk meningkatkan kemampuan para pegiat KIM dalam pengelolaan informasi dan penyebaran informasi yang positif.

”Dengan keberadaan KIM, pemerintah sangat terbantu untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya informasi dan melakukan cek dan ricek terhadap suatu informasi yang diterima,” tuturnya.

Lebih lanjut Wakil Walikota Cilegon menyampaikan, sebagai fasilitatator dan komunikator yang berada diujung tombak pemerintahan, Dinas Kominfo mempunyai peran strategis dalam mendistribusikan informasi dan program-program pemerintah kepada masyarakat.

Terlebih bila hal itu dikaitkan dengan hak masyarakat untuk memperoleh informasi dan kewajiban pemerintah untuk menyebarluaskan informasi yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Diskominfo Cilegon mengemban tugas untuk menjembatani informasi antara pemerintah dengan masyarakat atau sebaliknya.

“Diskominfo juga berkewajiban memberikan pelayanan informasi secara cepat, benar, akurat dan transparan kepada masyarakat salah satunya melalui media massa sebagai penyebar informasi ke masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Cilegon, Achmad Jubaedi dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan kepada pengurus, anggota dan pegiat KIM se-Kota Cilegon.

Selain itu juga untuk meningkatkan peranaan KIM sebagai wahana penggerak partisipasi aktif masyarakat dalam hal penyampaian informasi dan penyalur aspirasi masyarkat.

“Kemajuan di bidang teknologi informasi yang sangat cepat saat ini, sudah semestinya dapat disikapi dengan pemanfaataannya yang bernilai positif, baik untuk peningkatan kualitas pribadi maupun kualitas instansi/lembaga,” kata  Jubedi.

Internet merupakan salah satu komponen penting dalam penyebarluasan informasi, guna menunjang berbagai aktivitas.

“Dan melalui internet dapat menjalin komunikasi, berbagai informasi dengan siapa saja di dunia ini. Sehingga kendala jarak dan waktu tidak menjadi permasalahan lagi,” ujarnya.

KIM di Kota Cilegon sangat diharapkan untuk menjadi sarana komunikasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat langsung.

“Selain itu KIM diharapkan sebagai mitra pemerintah dalam penyebarluasan informasi kepada masyarakat,” pungkasnya.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon
No Comment

Leave a Reply

*

*

google.com, pub-1102232992410596, DIRECT, f08c47fec0942fa0

RELATED BY