Kepala BPBD Banten: Warga Pesisir Semua Mengungsi

BERITAKARYA.CO.ID, SERANG - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, Kusmayadi menegaskan bahwa kondisi air laut hingga saat ini masih normal.

Meski demikian, ia membenarkan bahwa masyarakat di Banten Selatan memang banyak yang mengungsi ke beberapa titik yang lebih aman. Hal itu disampaikan Kusmayadi saat melakukan telekonferensi dengan Tvone, Jumat (1/8/2019) malam ini.

Kusmayadi pun mengimbau agar masyarakat yang sudah mengungai ke area yang lebih tinggi diimbau untuk tidak kembali ke rumah terlebih dahulu sebelum peringatan tsunami dicabut oleh BMKG.

Kusmayadi mengungkapkan, petugas BPBD Banten sudah berada di Pusdalof, di Caringin, di Labuan, di Carita, Anyer dan daerah lainnya.

Ia mengakui bahwa kepanikan terjadi di masyarakat. Karenanya BKMG melakukan koordinasi dengan pihak keamanan untuk melakukan monitoring wilayah yang rumahnya ditinggal untuk mengungsi.

“Hampir semua warga di pesisir Selat Sunda sudah mengungsi menyusul gempa dan peringatan tsunami. Meski demikian ada juga warga yang memantau kondisi air laut apakah normal atau surut,” tuturnya.

Kepada warga pesisir yang belum mengungsi, Kusmayadi mengimbau agar warga segera mengungsi dan tidak kembali sebelum peringatan tsunami dicabut.

Iffan Gondrong

Categories
Serang
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY