Keren! Kampung Karya Lukis di Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Warga Lingkungan Ramanuju Baru, Kelurahan Citangkil, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon menyulap wilayah mereka menjadi Kampung Karya Lukis.
Warga terlihat selfie di Kampung Karya Lukis/beritakarya.co.id

Bermacam karya lukis, mulai dari lukisan binatang hingga pepohonan terlihat di dinding rumah-rumah warga. Dananya berasal dari warga sendiri, tanpa bantuan pihak lain termasuk pemerintah daerah.

Sebelumnya, Lingkungan Ramanuju Baru hanya lingkungan biasa seprti umumnya lingkungan warga. Namun kini, kawasan itu menjadi wilayah yang penuh karya lukis.

Lingkungan Ramanuju Baru dipoles sedemikian rupa sejak dua bulan terakhir. Perlahan namun pasti, lingkungan tersebut kini dipenuhi karya lukisan. Bahkan, dari 103 rumah sudah 50 rumah yang dilukis.

Di Kampung Karya Lukis ini, berbagai macam spot swafoto menarik banyak didapati. Orang-orang yang berkunjung ke Kampung Karya Lukis bisa memilih objek lukiasn untuk dijadikan background foto. Ada lukisan binantang, panorama alam, hingga pesan-pesan kebersihan dan kampanye anti-narkoba.

Kampung Karya Lukis ini digagas oleh Sarjoko, Ketua RT sempat. Dia mengungkapkan, awalnya muncul pro kontra di kalangan masyarakat saat dirinya mencetuskan ide itu ke warganya. Seiring berjalannya waktu, ide yang ia miliki terealisasi berkat banyaknya dukungan warga.

Dari ketertarikannya dibidang pariwisata, Sarjoko menginisiasi agar kampungnya dapat dikunjungi banyak orang. Salah satu caranya adalah dengan menjadikan Ramanuju Baru sebagai Kampung Karya Lukis.

“Dari sekian banyak rumah yang dilukis, segala sesuatunya dilakukan secara gotong royong, termasuk dana untuk membeli cat dan peralatan lukis. Tak ada campur tangan pemerintah untuk menjadikan Kampung Karya Lukis penuh warna ini,” kata Sarjoko kepada wartawan, Jumat (23/3/2018).

Nurul Anwar, seorang pelukis di kampung itu mengatakan, ia hanya seorang diri melukis 50 rumah tersebut. Tak ada kesulitan berarti yang ia temui saat menggoreskan cat kemudian berbuah lukisan indah itu.

“Untuk mencari idenya, kita kadang-kadang musawarah idenya apa, apa yang enak buat selfie. Kalau kendala ngelukis sih nggak ada,‎” ungkapnya.

‎Anwar memang sudah terbiasa melukis di dinding-dinding sekolah TK dan SD. Berangkat dari sanalah hobinya tersalurkan. Dan Kampung Karya Lukis pun kini menjadi kampung yang penuh cerita.(K1)

Editor: Iffan Gondrong

Categories
Berita WargaCilegon
No Comment

Leave a Reply

*

*

google.com, pub-1102232992410596, DIRECT, f08c47fec0942fa0

RELATED BY