Keterbukaan Informasi dan Partisipasi Masyarakat Penting Dalam Pilkada

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Dalam setiap proses tahapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada), diharapkan KPU maupun Bawaslu sebagai penyelenggara dapat memberikan informasi secara terbuka kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Suwardi, Ketua Divisi Kelembagaan dan Kerjasama Komisi Informasi Provinsi Banten, saat menjadi narasumber dalam Sosialisasi Pengawasan Pemilu Parsitipatif yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kota Cilegon di Aula Kantor Kecamatan Ciwandan, Kamis (26/12/2019).

“Saya harap KPU dan juga Bawaslu lebih terbuka dalam proses penyelenggaraan. Baik itu penyelenggaran pemilu maupun juga penyelanggaraan rekrutmen dibawahnya, sehingga masyarakat tidak khawatir ataupun curiga,” ujar Suwardi.

Suwardi menilai, sejauh ini keterbukaan informasi penyelenggaraan pemilu di Kota Cilegon cukup baik, dengan tidak adanya sengketa informasi yang dilaporkan oleh masyarakat terkait penyelenggaraan pemilu.

“Sengketa informasi pemilu tahun lalu di Kota Cilegon tidak ada, jadi itu menunjukkan keterbukaan dari penyelenggara pemilu baik KPU maupun Bawaslu, sudah sangat terbuka kepada masyarakat,” tutur Suwardi.

Selain keterbukaan informasi, Suwardi juga mengatakan dalam proses pelaksanaan Pilkada, partisipasi aktif masyarakat juga sangat diperlukan untuk mengawal setiap tahap pelaksanaan.

“Oleh karena itu masyarakat dalam pemilu ini jangan hanya menjadi objek, tapi lebih jadi subjek. Salah satunya bisa mencegah adanya pelanggaran atau berpartisipasi menjadi penyelenggara pemilu adhok. Sehingga Pemilukada di Cilegon ini benar-benar terjaga martabatnya,” katanya.

Suwardi berharap, dengan partisipasi masyarakat yang terus ditingkatkan dalam pelaksanaan Pilkada, dapat melahirkan pemimpin terbaik.

“Harapannya (Pilkada Cilegon) berjalan dengan lancar, transparan, kredibel. Sehingga dapat melahirkan pemerintahan yang dapat dipercaya oleh masyarakat,” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
CilegonPolitik
No Comment

Leave a Reply

*

*

google.com, pub-1102232992410596, DIRECT, f08c47fec0942fa0

RELATED BY