Ketua DPR: Mabes Polri Harus Turun Tangan

BERITAKARYA.CO.ID, JAKARTA - Kasus dugaan adanya arahan dari Kapolres Garut, Jawa Barat agar jajaran kapolsek di wilayah itu memenangkan Paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin terus bergulir. Kini, isu tersebut sudah sampai ke pimpinan DPR RI.
KETUA DPR: Bambang Soesatyo/Foto Repro Republika/NET

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendesak agar Mabes Polri turun tangan untuk menyelidiki dugaan pengerahan kapolsek untuk menggalang dukungan bagi paslon petahana itu.

“Dan di polisi punya perangkat namanya propam (profesi dan pengamanan), barang kali tepatnya Mabes Polri menerjunkan propam untuk melakukan pemeriksaan apakah laporan itu benar,” kata pria yang biasa disapa Bamsoet itu seperti dilansir CNNIndonesia.com, Senin (1/4/2019).

Bamsoet menilai, pemeriksaan diperlukan untuk mengantisipasi benturan-benturan politis. Ia tak memungkiri ada potensi negatif jika kasus ini tak segera ditelusuri. “Nantikan bisa dilihat fakta-fakta apa itu isapan jempol, apakah itu betul,” imbuhnya.

Seperti diketahui, skandal bermula dari pernyataan mantan Kapolsek Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, AKP Sulman Azis. Sulman mengaku dirinya dan kapolsek lain di Garut diarahkan oleh Kapolres guna menggalang dukungan untuk pasangan capres Joko Widodo-Ma’ruf Amin, pada Februari.

Kendati demikian, Bamsoet tidak yakin terhadap pengakuan Sulman tersebut. Ia berpendapat ada doktrin dan hukuman bagi aparat polisi yang berpihak dalam pemilu.

“Seseorang ngaku kan bisa aja rekayasa sejauh tidak ada bukti-bukti. Saya bisa aja bilang kamu nyuruh saya tapi kan enggak ada bukti-bukti,” tutupnya.

Baca Sumber

Uploader: Iffan Gondrong

Categories
Nasional
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY