KPK Temukan Fakta Baru, Ada Dugaan Jual Beli Jabatan Rektor UIN

BERITAKARYA.CO.ID, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan sejumlah fakta baru dalam kasus jual beli jabatan di lingkungan Kemenag. Salah satunya, diduga terjadi jual beli Rektor UIN di sejumlah daerah.
Jubir KPK/NET

Karenanya, KPK akan segera menyisir sejumlah calon Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) di beberapa daerah. Rencananya, para Rektor UIN ini akan diperiksa terkait pengembangan perkara suap jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama yang melibatkan kader PPP, Romahurmuziy (Romi).

Hal itu diungkapkan Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, seperti dilansir rmol.id, Jumat (14/6/2019).

“Dalam bulan Juni ini kami berencana mulai melakukan pemeriksaan untuk sejumlah calon rektor Universitas Islam Negeri (UIN) di beberapa daerah. Surat sudah kami sampaikan,” kata Febri.

“Mereka kami periksa sebagai saksi untuk tersangka RMY (Romi) ini,” imbuhnya.

Namun demikian, Febri belum merinci terkait daftar calon rektor UIN yang akan digarap KPK dalam dugaan suap jual beli jabatan di Kemenag itu. Menurut dia, informasi detailnya akan disampaikan setelah pemeriksaan dilakukan oleh penyidik KPK.

“Apa yang didalami tentu baru bisa diinformasikan setelah pemeriksaan dilakukan,” ujar Febri.

Febri menegaskan, KPK menemukan fakta-fakta baru. Sehingga dibutuhkan proses pemeriksaan terhadap para calon rektor.

“Karena UIN ini kan dibawah Kementerian Agama, kami mendapatkan informasi baru yang perlu kami klarifikasi terkait dengan dugaan peran tersangka RMY dalam proses ini,” pungkasnya.

Baca Sumber

Uploader Iffan Gondrong

Categories
Nasional
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY