KPU Banten Berharap Pilkada Cilegon Tidak Calon Tunggal

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten berharap agar Pilkada Cilegon 2020 tidak memunculkan calon tunggal atau melawan kotak kosong meskipun hal itu sah.
Sosialisasi Tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon/Beritakarya.co.id

Seperti diketahui, ada beberapa daerah yang telah melawan kotak kosong pada pilkada lalu. Bahkan di Makassar kotak kosong justru menang melawan calon kepala daerah.

Hal itu diungkapkan Komisioner KPU Banten, Mashudi usai Sosialisasi Tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon 2020 di salah satu rumah makan, Rabu (16/10/2019).

“Pasti dimungkinan dan ditemukan sistem borong partai. Semua ini tidak bisa dipungkiri oleh siapapun. Sebab, PKPU pelaksanaan pilkada serentak sebelumnya hingga saat ini belum ada perubahan,” kata Mashudi.

Mashudi menjelaskan, pada Pilkada 2020 nanti, calon dari Partai Politik (Partpol) harus memiliki dukungan kursi di DPRD minimal 20 persen.

“Kalau di Cilegon dengan kursi 40 DPRD, maka dia minimal punya 8 kursi. Kalau tidak, maka harus bergabung dengan partai lain. Kalau tidak pakai pola kursi, bisa pakai pola suara 25 persen jumlah suara sah dari Pemilu terakhir,” ungkapnya.

Ia berharap dari empat daerah di Banten yang menyelenggarakan Pilkada 2020 tidak melawan kotak kosong.

“Saya sih berharap di Cilegon tidak lah, yah paling tidak ada calon perseorangan dua atau tiga,” pungkasnya.

Iffan Gondrong

Categories
Politik
No Comment

Leave a Reply

*

*

google.com, pub-1102232992410596, DIRECT, f08c47fec0942fa0

RELATED BY