KPU Cilegon Temukan Puluhan Surat Suara Rusak

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon sudah mulai melakukan sortir atas ratusan ribu lembar surat suara Pemilu 2019 yang telah diterima KPU Minggu, (10/3/2019) lalu. KPU merekrut sedikitnya 100 orang untuk melakukan sortir dan melipat surat suara.
Ketua KPU Cilegon, Irfan Alfi/Foto Repro rmol.co/NET

Berdasarkan sortir awal, diketahui ada 88 lembar surat suara yang rusak. Kerusakan terdiri dari kertas suara yang sobek, bercak tinta, gradasi warna, hingga cetakan yang terpotong. Hal itu diungkapkan Ketua KPU Cilegon, Irfan Alfi, Selasa (12/3/2019).

“KPU dan Bawaslu terus akan melakukan sortir itu, nanti akan kita sampaikan hasil sortir kita KPU Banten untuk ditindaklanjuti,” kata Irfan Alfi kepada wartawan Selasa (12/3/2019).

Kerusakan surat suara itu, lanjut Irfan, kebanyakan surat suara untuk DPR-RI. Meski jika dibandingkan jumlah total surat suara yang diterima tahap pertama jumlah yang rusaknya itu kecil, namun karena itu ada temuan maka tetap akan dilaporkan.

Masih kata Irfan Alfi, KPU menargetkan 100 orang yang bekerja melakukan sortir dan pelipatan surat suara itu akan selesai dalam 15 hari kerja. “Mudah-mudahan bisa selesai sesuai jadwal,” tuturnya.

Saat ditanya besaran honor para pelipat surat suara, Irfan Alfi mengaku tidak tahu karena itu bukan tugas komisioner. “Kalau masalah honor itu domainnya pihak Sekretaris KPU,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Irfan kembali menegaskan bahwa dua WNA yang sebelumnya masuk dapam DPT sudah dicoret. Irfan pun memastikan DPT Cilegon sudah tidak ada WNA dan nama yang dicoret itu dipastikan tidak akan muncul lagi.

“Dua WNA masing-masing asal Jerman dan Fhilipina itu sudah kita coret. Saya pastikan tidak akan muncul lagi,” pungkasnya.

Terpisah, Komisioner KPU Banten, Eka Satialaksmana mengatakan, surat suara yang rusak berdasarkan hasil sortiran memang harus dipisahkan dan dilaporkan jumlahnya ke KPU Provinsi, untuk kemudian disampaikan ke KPU RI.

“Surat suara yang rusak itu akan diganti sebelum didistribusikan,” ujarnya melalui pesan singkat.

Iffan Gondrong

Categories
Politik
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY