Lanal Banten Berangkatkan Peserta Sail Nias Naik KRI

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten memberangkatkan 20 orang peserta Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) Sail Nias Tahun 2019, Kamis (29/8/2019). Mereka akan mendatangi sejumlah daerah di Indonesia, menggunakan KRI Tanjung Kambani-971.
Danlanal Banten Letkol Laut (P) Golkariansyah saat melepas peserta Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) Sail Nias Tahun 2019, di Mako Lanal Banten/Beritakarya.co.id

Para peserta terdiri dari 17 peserta Pramuka Penegak atau Pandega, 2 orang orang Pinkonda dari DKD Banten dan Dewan Saka Bahari Banten, serta 1 orang dari unsur TNI AL Banten.

Tahun ini, Pelayaran Lingkar Nusantara melewati rute Jakarta, Sibolga, Nias Selatan, Lampung, kemudian kembali ke Jakarta, mulai 2 September hingga 22 September 2019.

Danlanal Banten Letkol Laut (P) Golkariansyah mengatakan, kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara merupakan kegiatan berlayar dengan menggunakan kapal perang republik Indonesia.

Selaku Mabisaka Bahari Kwarda Banten, Danlanal Banten menegaskan kegiatan itu bertujuan untuk mengunjungi masyarakat pesisir yang berada di pulau terdepan di Indonesia.

“Pada kegiatan ini, juga ada perkemahan pesisir bagi Pramuka Saka Bahari. Tujuannya untuk mengenalkan potensi maritim yang ada di pulau terpencil yang bisa dimanfaatkan sumber daya alamnya,” katanya.

Selain itu, lanjut Danlanal, Pelayaran Lingkar Nusantara merupakan program yang penuh inovasi terkait dengan Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar). “Ini pun demi membangun karakter kebangsaan bagi generasi muda khususnya pramuka,” ujarnya.

Sementara itu, Ka Kwarda Banten, HM Masduki mengatakan, kegiatan tersebut memiliki banyak nilai positif. Seperti peduli terhadap lingkungan, diri sendiri, juga kepada negara.

“Ini pun mempertajam ketaatan para peserta terhadap kode etik pramuka,” tuturnya.

Masduki pun mengatakan, para peserta Pelantara harus mampu mempromosikan potensi wisata Banten di tempat-tempat yang akan dikunjungi. “Para peserta juga harus bisa mempromosikan wisata-wisata yang ada di Banten,” ucap Masduki.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY