Latih Sportifitas Anak Melalui Gebyar Kreativitas

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon menggelar Gebyar Kreativitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 2019 di Taman Jombang, Rabu (18/9/2019). Kegiatan tersebut sebagai ajang kreativitas dan melatih sportifitas anak.
Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati didampingi Kadindik Cilegon, Mukhtar Ghozali menyaksikan kreativitas anak PAUD/Beritakarya.co.id

Berbagai macam kegiatan perlombaan dilakukan dalam acara tersebut. Ada sekitar 10 perlombaan seperti kegiatan kreativitas, atraksi, demonstrari, pentas seni, dan pameran. Tema yang diusung kali ini Cerdas, Terampil dan Berkarakter.

Kegiatan tersebut diikuti ratusan anak PAUD dari berbagai PAUD Formal dan Non formal yang ada di delapan kecamatan di Kota Cilegon.

Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati mengatakan, Pemkot Cilegon akan terus melakukan perhatian terhadap PAUD. Anak usia dini merupakan generasi penerus bangsa.

Dalam menghadapi era globalisasi, negara di masa depan membutuhkan Sumber Daya Manusia (SMD) yang baik. Lembaga PAUD di Kota Cilegon terdiri dari PAUD Formal dan PAUD non-formal saat ini berjumlah 265 satuan PAUD.

Menurut Ratu Ati, dalam rangka peningkatan kualitas anak Indonesia melalui pelayanan PAUD, diperlukan diperlukan upaya dengan berbagai unsur pemerintah, organisasi sosial, organisasi profesi, serta praktisi pendidikan, yang peduli dalam dalam program pembinaan PAUD.

“Kerjasama kemitraan dilakukan dengan membangun jaringan di tingkat pusat maupun daerah. Sehingga, dalam meningkatkan layanan PAUD dapat terlaksana,” katanya.

Ati menjelaskan, Pemkot Cilegon berkomitmen untuk meningkatkan kualitas PAUD, salah satunya dengan melakukan Gebyar Kreatifitas PAUD.

Gebyar Kreatifitas PAUD diharap memberikan stimulasi terhadap aspek tumbuh kembang anak dan memberikan kesempatan kepada anak usia dini maupun tenaga pendidik anak usia dini unjuk kebolehan.

“Pertumbuhan dan perkembangan otak mengalami peningkatan yang pesat pada usia dini, yaitu 0 sampai 5 tahun. Massa itu sering disebut sebagai fase Golden Age atau masa yang sangat penting untuk memerhatikan tumbuh kembang anak secara cermat, agar sedini mungkin dapat terdeteksi apabila terjadi kelainan,” pungkasnya.

Iffan Gondrong

Categories
Pendidikan
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY