Operasi Patuh Karantina, Strategi Cerdas Edukasi Masyarakat

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Satu persatu bawaan penumpang yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera dan sebaliknya diperiksa. Tas besar, kardus, karung dan kotak styerofoam diperiksa dengan teliti oleh petugas.
OPERASI SIMPATIK: Petugas Karantina saat melakukan pemeriksaan barang bawaan penumpang di Pelabuhan Merak/beritakarya.co.id

Begitulah gambaran Operasi Patuh Simpatik Karantina yang digelar di Terminal Eksekutif Dermaga VI dan Terminal Penumpang Teguler Pelabuhan Penyebrangan Merak, Senin (13/5/2019).

Petugas Karantina ingin memastikan bahwa barang bawaan penumpang bukan media pembawa hama dan penyakit hewan karantina (HPHK) atau organisme penggangu tumbuhan karantina (OPTK) seperti ayam, kucing, burung, buah-buahan, tanaman dan lainnya.

Operasi yang dimulai pukul 01.00 WIB, itu terbagi dalam dua kelompok. Pertama di terminal kedatangan kedua di terminal keberangkatan penumpang.

Selain itu, petugas juga melakukan pemeriksaan di atas kapal sekaligus memeriksa kendaraan penumpang.

Beberapa jenis buah-buahan seperti apel, pear dan anggur ditemukan petugas di dalam kardus. Buah-buahan itu langsung disertifikasi oleh petugas setelah dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan sehat.

Kepala Karantina Pertanian Cilegon, Raden Nurcahyo mengatakan, Operasi Patuh itu sifatnya pembinaan, sekaligus memberikan edukasi secara persuasif kepada pengguna jasa untuk lapor karantina.

Sebelum menggelar Operasi Patuh, dia mengintruksikan kepada petugas karantina di lapangan untuk melaksanakan tugas dengan penuh senyum dan keramahan.

“Berikanlah kesan ramah terhadap pengguna jasa sehingga mereka segan dan tidak ada terkesan menakutkan. Utamakan kelancaran dan kenyamanan penumpang dalam melakukan pemeriksaan media pembawa,” kata Raden kepada seluruh petugas.

Dia harapkan melalui Operasi Patuh Simpatik Karantina, masyarakat semakin mengerti tentang karantina dan sadar untuk lapor ke karantina.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY