Penyu Ditemukan Mati di Perairan Bojonegara

BERITAKARYA.CO.ID, SERANG - Seekor penyu ditemukan mengambang di Perairan Bojonegara, Kabupaten Serang, tak jauh dari jeti PT Bandar Bakau Jaya, Senin (29/7/2019).
MATI: Bangkai seekor penyu ditemukan mati dan mengambang di Periairan Bojonegara, Senin (29/7/2019/Beritakarya.co.id

Aktivis Lingkungan dan Nelayan Bojonegara, Titin Kholawiyah kepada Redaksi Beritakarya.co.id mengatakan, bangkai penyu berukuran besar itu pertama kali ditemukan sekitar pukul 16.30 WIB.

“Awalnya temen kerja saya ngasih tahu Bu ada mayat. Pas saya lihat ke lokasi ternyata bangkai penyu. Ukurannya lumayan besar,” kata Titin Kholawiyah.

Titin mengaku kaget hewan yang dilindungi undang-undang itu mati di Perairan Bojonegara. Ia kemudian mengenang masa-masa kecil dimana penyu sering terlihat di Perairan Bojonegara.

“Dulu memang ada habitat penyu di Bojonegara. Jauh sebelum pabrik berdiri, kita sering melihat penyu. Tapi sekarang sudah tidak terlihat lagi,” ungkapnya.

Mirisnya, saat ada penyu terlihat justru sudah menjadi bangkai. Titin menilai, industrialisasi di pesisir Pantai Bojonegara ikut andil dalam rusaknya habitat penyu.

“Bangkai penyu yang kita temukan mengambang itu bukti bahwa ada habitat penyu di sini (Bojonegara, red). Rusaknya biota laut akibat industrialisasi dan limbah pabrik maupun limbak kapal yang engker, diduga menjadi salah satu penyebabnya,” tegas Titin Kholawiyah.

Dilansir dari berbagai sumber, penyu adalah kura-kura laut. Penyu ditemukan di semua samudra di dunia. Menurut data para ilmuwan, penyu sudah ada sejak akhir zaman Jura (145 – 208 juta tahun yang lalu) atau seusia dengan dinosaurus.

Pada masa itu Archelon, yang berukuran panjang badan enam meter, dan Cimochelys telah berenang di laut purba seperti penyu masa kini.

Di Indonesia, ada tujuh jenis penyu yang dilindungi undang-undang yakni Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata), Penyu Lekang Kempii (Lepidochelys kempi), Penyu Lekang (Lepidochelys olivachea), Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea), Penyu Pipih (Natator depressus), dan Penyu Tempayan (Caretta caretta).

Bangkai penyu yang ditemukan ngambang di Perairan Bojonegara itu diduga penyu jenis Penyu Hijau yang merupakan jenis penyu yang paling sering ditemukan dan hidup di laut tropis.

Iffan Gondrong

Categories
Serang
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY