Peringatan HUT Guru di Jombang, Ini Pesan Ratu Ati

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON – Guru merupakan sosok yang menjadi panutan untuk seluruh masyarakat, seperti dalam istilah digugu dan ditiru oleh siswa didiknya.
Ratu Ati Saat Menyerahkan Cenderamata Kepada Guru Yang Memasuki Masa Purna Bakti/Beritakarya.co.id

Dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) PGRI ke-74 atau yang juga dikenal dengan HUT Guru, yang dilaksanakan oleh PGRI Kecamatan Jombang di halaman Kantor PGRI Jombang, Wakil Walikota Cilegon Ratu Ati Marliati, yang meniti karir sebagai seorang guru, menyampaikan pesan kepada seluruh guru yang hadir dalam kegiatan tersebut, Jumat (13/12/2019).

Ratu Ati berpesan, dalam mendidik siswa, guru haruslah menjadi panutan dan suri tauladan yang baik, terutama dalam memberikan contoh sikap dan prilaku dalam keseharian.

“Kalau kita menjadi seorang guru, jadilah kita sebagai panutan, jadilah kita sebagai suri tauladan, baik sikap, prilaku, kompetensi dan lain sebagainya. Kalau kita sudah bisa berikan kepada anak didik, pasti hadiahnya, rewardnya buat kita semua,” tutur Ratu Ati.

Pada peringatan HUT Guru ke-74 di Kecamatan Jombang yang dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Cilegon Taufiqurrohman, Ketua PGRI Kota Cilegon Wandi Wahyudin, Ketua PGRI Kecamatan Jombang Rahman, serta ratusan guru dari berbagai sekolah di Kecamatan Jombang, Wakil Wakil Walikota Cilegon Ratu Ati juga menyampaikan, selain memberikan contoh suri tauladan yang baik sebagai seorang pembina, pengasuh, dan orang tua di sekolah, guru juga diharap mampu untuk mendidik dan membentuk karakter siswa menjadi lebih baik.

“Seperti yang disampaikan oleh Pak Menteri Pendidikan yang sekarang, bahwa dia melakukan merdeka belajar itu, bahwa kita membimbing anak-anak kita untuk bisa tumbuh berkembang sesuai dengan kepribadian masing-masing dan tentu yang berkarakter. Itu yang kita titipkan kepada guru. Karena ibu pernah merasakan menjadi seorang guru, dan itu nikmat kalau kita lakukan,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Plt Kepala Dindik Cilegon Taufiq mengatakan, guru harus terus belajar dan meningkatkan kompetensi, agar dapat meningkatkan karakter dan kemampuan siswa didik menjadi lebih baik.

“Pesannya, guru harus kompak, harus semangat, selalu guru itu studen forever, harus belajar terus menerus. Karena bagaimanapun membangun suatu bangsa itu, kalau kemudian tidak dibangun manusianya secara utuh, tidak mungkin akan menyiapkan SDM yang unggul,” katanya.

Zainal Mutakin

Categories
CilegonPendidikan
No Comment

Leave a Reply

*

*

google.com, pub-1102232992410596, DIRECT, f08c47fec0942fa0

RELATED BY