PLTU Jawa 9-10 Dituding Bisa Sebabkan Kerusakan Kesehatan Lingkungan

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jawa 9 dan 10 Suralaya di Kecamatan Pulomerak diserang isu kesehatan.

Proyek yang akan dikerjakan oleh PT Indoraya Tenaga, anak usaha Indonesia Power bersama Doosan Heavy serta Korea Mitland Power itu disebut-sebut akan merusak kesehatan lingkungan sekitar.

Trend Asia sebuah organisasi pemerhati lingkungan mengeluarkan petisi yang ditujukan kepada pemerintahan Korea Selatan.

Organisasi itu menilai  PLTU Jawa 9-10 yang nantinya akan menggunakan batu bara sebagai bahan bakar aka  menimbulkan penyakit kanker terhadap masyarakat Suralaya dan sekitarnya.

Isi petisi telah tersiar di sejumlah media online baru-baru ini. Trend Asia meminta pemerintah Korea Selatan menghentikan pendanaan proyek pembangunan PLTU 9-10, dengan alasan tersebut.

Terpisah Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon menyatakan belum menerima informasi tersebut.

“Kami belum pernah menerima laporan dari warga Kota Cilegon, terutama warga Suralaya yang mengidap kanker yang disebabkan operasional pembangkit PLTU Suralaya,” kata Kepala Bidang (Kabid) Penyebaran Penyakit Penularan dan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kota Cilegon, Niniek Harsini.

Menurutnya, butuh penelitian intensif untuk bisa membuktikan tudingan tersebut.

“Jika ada yang mengaku menderita penyakit tersebut, maka harus dibuktikan dengan keterangan medis yang menanganinya,” ujarnya.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY