Polairud Banten Periksa 4 Tersangka Kasus BBM Ilegal di Perairan Bojonegara

BERITAKARYA.CO.ID, SERANG - Perairan laut Banten menjadi salah satu tempat yang sangat strategis sebagai lintasan jalur perdagangan antar pulau, termasuk sebagai tempat perlintasan barang-barang ilegal.
Bakamla, Kapal KN Belut Laut 406 di Perairan Bojonegara, Serang-Banten/Beritakarya.co.id

Pada pekan lalu, Badan Keamanan Laut (Bakamla) KN Belut Laut-406 berhasil mengamankan 35 ton HSD (BBM jenis Solar) tanpa surat dan dokumen lengkap yang diangkut Kapal SPOB Noah 99 di Perairan Bojonegara, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten, pada Selasa, 19 November 2019 lalu.

Dari hasil pengamanan tersebut, Polairud Polda Banten melakukan pemeriksaan setidaknya kepada 4 orang pelaku yang diduga membawa BBM Ilegal tersebut. Salah satu yang diperiksa yakni pemilik kapal yang membawa BBM diduga ilegal.

Kombes Pol Nunung Syaifuddin mengatakan, untuk proses penyelidikan, pihaknya sudah memeriksa sebanyak 4 orang yang diduga membawa BBM ilegal.

“Oh sudah kita periksa. Total yang berhasil diperiksa tersebut sebanyak 3-4 orang. Termasuk juga pemiliknya,” ujar Nunung, Kamis (28/11/2019).

Pada pemberitaan sebelumnya, penangkapan dilakukan pada Selasa (19/11/2019) sekitar pukul 23.00 WIB. Awalnya penangkapan kapal yang membawa BBM jenis solar ini terjadi saat KN Belut Laut 406 melakukan patroli di Perairan Bojonegara dengan menggunakan Sea Rider. Saat itu, kapal mendeteksi adanya kontak sebuah kapal yang sedang bertransaksi.

Selanjutnya, tim pemeriksa dari Bakamla langsung melakukan pengejaran terhadap kapal yang diduga membawa BBM jenis solar ilegal tersebut.

“Informasi yg kami terima mereka melakukan transaksi saat itu, memang ada tugboat yang menempel, namun memang saat dilakukan penangkapan tugboat tersebut bergerak. Tidak masalah, Yang penting saat itu kita melihat ada kegiatan. Nanti (tug boat ikut serta) itu akan ada penyidikan yang lebih mendalami lagi, pihak kapal ini nantinya pasti akan ditanya penyidik dari stake holder,” ujar Laksamana Pertama Bakamla, NS Embun saat gelar perkara di atas KN Noah 99, Periaran Bojonegara.

Zainal Mutakin

Categories
BantenHukum & KriminalSerang

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: