Puan Maharani Pimpin DPR

BERITAKARYA.CO.ID, JAKARTA - Wakil rakyat Periode 2019-2024 telah dilantik. Para wakil rakyat hasil Pemilu 2019 itu dipimpin oleh lima pimpinan dari lima parpol yang mendapatkan suara terbanyak.
Puan Maharani/NET

Pimpinan DPR Periode 2019-2024 itu diisi oleh politikus dari PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, dan NasDem. Semua partai tersebut mendapat jabatan tertinggi di DPR karena memeroleh suara terbanyak di Pemilu 2019. Hal itu diatur dalam Undang-undang tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD.

Ketua DPR ditetapkan putri Megawati yakni Puan Maharani dari PDIP. PDIP berhak mendapat posisi Ketua DPR karena menduduki mayoritas kursi yakni 128 kursi.

Partai peraih suara terbanyak kedua dan kelima juga sudah mengajukan masing-masing kadernya. Golkar mengajukan nama Azis Syamsuddin. Golkar mengusulkan Azis berdasarkan rapat.

Partai Gerindra mengusulkan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra yang Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan Periode 2014-2019, Sufmi Dasco Ahmad sebagai Wakil Ketua DPR. Dia akan menggantikan Fadli Zon yang telah menjadi Wakil Ketua DPR Periode 2014-2019.

“Prabowo akan memberi penugasan baru (kepada) Fadli dalam bidang-bidang yang lain yang nanti akan dirumuskan Prabowo,” kata Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani.

Sementara PKB mengusung ketua umumnya, Muhaimin Iskandar sebagai Wakil Ketua DPR. Nama Cak Imin atau Gus Ami sudah disepakati oleh DPP PKB dan Partai Nasdem mengusung Rachmat Gobel sebagai Wakil Ketua DPR.

Ketua dan Wakil Ketua DPR RI ditetapkan pada Rapat Paripurna, Senin (1/10/2019) malam. Mereka diambil sumpah dan janji oleh Ketua Mahkamah Agung RI.

Baca Sumber

Uploader: Iffan Gondrong

Categories
Politik
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY