Puluhan Rumah di Lebak Terendam Banjir

BERITAKARYA.CO.ID, LEBAK -  Guyuran hujan deras yang terjadi Rabu (22/5/2019) malam di Lebak, Banten menyebabkan daerah aliran sungai (DAS) Cilaki, Cibeurih dan Ciberang meluap. Akibatnya, puluhan rumah terendam banjir bandang.
ILUSTRASI/Antara/NET

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, seperti dilansir Antara dan diberitakan CNNIndonesia.com mencatat 59 rumah diterjang banjir bandang. Hal itu menyebabkan 20 unit rumah rusak berat, 4 rusak ringan, dan 35 masih terendam banjir.

Selain itu, dua jembatan mengalami rusak berat hingga terputus dan tidak bisa dilintasi masyarakat setempat.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak, Kaprawi, Kamis (23/5/2019) mengungkapkan, tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

Sebelumnya, hujan deras turun selama hampir tiga jam mulai pukul 16.00 WIB hingga  19.00 WIB itu mengakibatkan empat kecamatan terendam banjir. Akibat banjir itu juga terjadi kerusakan fasilitas sosial, di antaranya pondok pesantren dan majelis taklim.

“Kami belum memperinci kerugian akibat bencana banjir bandang itu,” kata Kaprawi seperti dilansir Antara.

Menurut dia, banjir bandang tersebut melanda empat kecamatan karena dilintasi sejumlah daerah aliran sungai yang sumber airnya dari kawasan taman nasional gunung halimun salak (TNGHS). Empat kecamatan itu adalah Sajira, Muncang, Sobang, dan Cimarga.

Diduga banjir bandang itu akibat kerusakan ekosistem alam, sehingga perlu dilakukan pelestarian dengan melakukan reboisasi penghijauan.

“Kami berharap ke depan bisa dilakukan gerakan penghijauan guna melestarikan alam itu,” katanya.

Ia mengatakan, BPBD telah menyalurkan bahan pokok kepada warga yang terdampak banjir bandang agar tidak mengalami kerawanan pangan.

Selain itu juga BPBD mendirikan tenda pengungsian,termasuk dapur umum. Sebab, bencana banjir tersebut mereka warga kehilangan tempat kediamannya.

“Kami berharap warga bersabar dan pemerintah daerah akan mengalokasikan bantuan perbaikan rumah,” pungkasnya.

Baca Sumber

Uploader: Iffan Gondrong

Categories
Lebak
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY

  • 16 Kecamatan di Lebak Krisis Air Bersih

    Ada juga warga yang membuat lubang-lubang di tepi aliran sungai guna menampung air. Bahkan masyarakat ada yang terpaksa memanfaatkan air kolam dengan kondisi yang sudah berubah warna. Dilansir dari...
  • BPBD Duga Illegal Loging Penyebab Banjir di Lebak

    Dilansir Republika.co.id, Kepala BPBD Lebak, Kaprawi, menuturkan bahwa desa yang terdampak banjir bandang adalah yang letaknya dekat dengan hulu sungai Citopo yang ada di Hutan Halimun. “Hulu sungai Citopo...
  • Gempa Berkekuatan 5,2 SR Guncang Lebak, Banten

    Dilansir dari CNNIndonesia.com, Minggu (14/10/2018), peringatan gempa dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer. Episentrum gempa yang terjadi pada Minggu pukul...
  • Perahu Nelayan Garut Terbalik, 1 Tewas 2 Hilang

    Satu nelayan yang sebelumnya diketahui berada di perahu itu ditemukan meninggal dunia, sementara dua lainnya masih dalam pencarian. Korban meninggal dunia adalah Atin (35), sementara korban yang hilang yakni Iyus...