Sandiaga Uno Ajak Generasi Muda Manfaatkan Peluang Usaha di Era Revolusi 4.0

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Mantan Calon Wakil Presiden Republik Indonesia Sandiaga Salahudin Uno, memberikan orasi ilmiah pada Sidang Senat terbuka STIE Prima Graha yang dilaksanakan di Hotel The Royale Krakatau Cilegon, Sabtu (26/10/2019).
Sandiaga Uno Usai Memberiakan Orasi Ilmiah di Acara STIE Prima Graha

Sandiaga mengajak para generasi muda untuk memanfaatkan peluang usaha di era revolusi industri 4.0. Ia menyebut, sudah saatnya di era revolusi industri 4.0 ini generasi muda dapat mengembangkan potensi yang ada lewat membuka peluang usaha. Itu dapat dimulai bukan hanya pengusaha tetapi mahasiswa di perguruan tinggi.

“Mereka bisa mengembangkan potensi yang ada dan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar. Kalau ada kemauan, semua pasti bisa berwirausaha. Apa lagi kaum milenial itu dikenal kreatif, inovatif,” kata Sandiaga dihadapan Wisudawan Sarjana Angkatan VIII.

Dalam menghadapi revolusi industri 4.0, menurut Sandiaga, generasi muda harus memiliki motivasi tinggi untuk berwirausaha. Karena di era ini masih banyak yang menganggur. Oleh karena itu generasi muda harus lebih termotivasi dalam menciptakan lapangan pekerjaan dengan SDM profesional.

“Data yang saya miliki sebanyak 15,28 persen usia 12 hingga 25 tahun masih banyak yang menganggur. Tidak hanya pengangguran, katanya, yang sudah bekerja pun belum tentu aman. Perkiraan terdapat 60% pekerjaan yang sangat berisiko dan bisa tergantikan dengan revolusi 4.0 yang mengharuskan kita untuk tetap efisiensi,” tambahnya.

Agar peluang wirausaha dapat dikembangkan, perlu dukungan dari Pemprov Banten. Pemprov diharapkan juga turut membantu dalam memecahkan berbagai persoalan yang ada di era Revormasi Industri 4.0 demi kemajuan generasi muda.

“Pemprov Banten harus mampu memecahkan persoalan revolusi industi 4.0. Jangan sampai kondisi ini, justru memberatkan para generasi muda untuk menangkap peluang-peluang usaha yang ada,” ucapnya.

Menurutnya, tiga kunci kesuksesan yang harus berani dilakukan para wisudawan lulusan perguruan tinggi, yakni dengan kemauan untuk melakukan inovasi dalam melihat peluang-peluang usaha yang bisa dikembangkan. Selain itu, para lulusan juga harus proaktif, mau menjemput bola dan tidak terpaku dengan keterbatasan, dan yang yang terpenting adalah, para lulusan kedepan harus mampu dan berani mengambil resiko yang dihadapi.

“Sayang ingin mengajak revolusi industri 4.0 ini lulusan supaya inovatif, kalau ingin maju kita harus terus berinovasi, jangan terpancing hal yang rutin. Kedua proaktif, kalau sekarang banyak dikenal ” Mager”, jangan jadikan hal itu kebiasaan, biasakan jemput bola supaya bisa mendapat banyak kebaikan menjadi lebih berkuwalitas, ketiga ambil resiko, jangan pernah takut mengambil resiko takut gagal, apalagi kita sudah punya bekal, kita harus banyak bersyukur,” Katanya

Rektor STIE Prima Graha Haero Sanjaya mengaku sangat terhormat hadirnya Mantan Cawapres Sandiaga Uno memberikan orasi di STIE Prima Graha ini. Pesan yang disampaikan sangat berarti bagi para mahasiswa.

“Sangat luar biasa Pak Sandiaga Uno dapat hadir ke sini memberikan orasi membangun untuk para mahasiswa di STIE Prima Graha. Sebenarnya, kita mengundang Pak Wakil Presiden Ma’ruf Amin, namun karena beliau ada kesibukan, yang hadir ke acara wisuda akhirnya Pak Sandiaga,” ucapnya.

Selain itu, STIE Prima Graha sengaja mengundang Sandiaga Salahudin Uno supaya bisa memberikan motivasi dan orasi ilmiahnya. Kedatangan Sandiaga  juga dalam rangka MoU dengan rumah siap kerja, supaya mahasiswa kedepan bisa terfasilitasi.

“Kami akan buka program jurusan robotik dibidang teknologi kita akan kerjasama dengan perusahaan Leu Cheong,  nanti kami juga akan kerjasama dengan rumah siap kerja, supaya kampus mempunyai masa depan yang cemerlang,” katanya.

Zainal Mutakin

Categories
CilegonEkonomiPendidikan
No Comment

Leave a Reply

*

*

google.com, pub-1102232992410596, DIRECT, f08c47fec0942fa0

RELATED BY