Sepanjang 2019, Ada 104 Kebakaran di Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Bencana kebakaran bisa terjadi dimanpun. Kejadian yang tidak diinginkan ini terjadi akibat berbagai faktor, salah satunya dari kelalaian yang dibuat oleh manusia itu sendiri.
Ilustrasi Kebakaran

Pada tahun 2019 sampai dengan September, berdasarkan data Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cilegon, sudah ada 104 kejadian kebakaran dimana tercatat kerugian akibat kebakaran tersebut ditaksir mencapai Rp 2,273,900,000.

Dari catatan di DPKP Kota Cilegon, mulai awal Januari hingga 5 September 2019, objek yang terbakar yaitu industri satu kejadian, gudang/perkantoran dua kejadian, sekolah dua kejadian, pemukimana/kontrakan 18 kejadian, ruko/tempat usaha menengah 10 kejadian, alang-alang/lahan kosong 39 kejadian, limbah satu kejadian, tempat pembuangan sampah akhir 18 kejadian, pohon dua kejadian, kabel listrik lima kejadian, kendaraan bermotor dan lain-lain enam kejadian.

“Kebakarannya itu terjadi berbagai macam, yang paling tinggi itu karena bakaran sampah, pembakaran liar, dan arus pendek listrik, itu yang sering terjadi pada tahun ini,” kata Kepala DPKP Kota Cilegon Nikmatullah saat ditemui disela kegiatannya, Rabu (25/9/2019).

Dengan banyaknya peristiwa kebakaran di Kota Cilegon, Nikmatullah mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar sampah di dekat ilalang kering, tidak membuang puntung rokok sembarangan, dan mematikan kompor serta listrik saat keluar rumah dengan waktu yang lama.

“Masih ada masyarakat yang bakar sampah di kelilingin rumput kering karena biar cepat kebakar, tapi efeknya kan jadi luas. Lalu masyarakat yang merokok jangan buang puntung rokoknya yang masih menyala ke sembarang tempat karena bisa jadi kebakaran besar. Untuk masyarakat yang ingin keluar kota pastikan dahulu kompor gas dalam keadaan mati serta matikan listrik jika ingin keluar kota,” tuturnya.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY