Simak! Ini Tren Warna Mobil Tahun 2018

BERITAKARYA.CO.ID, JAKARTA - Sejak beberapa tahun terakhir, kendaraan berwarna putih menjadi pilihan utama para pengguna kendaraan. Tidak heran jika banyak kendaraan berwarna putih berjejer di hampir semua tempat parkir.
Ilustrasi Tren Warna Mobil/NET

Sama seperti fesyen, warna mobil juga memiliki tren sendiri. Tahun 2018 ini, ada beberapa warna yang akan mendominasi warna kendaraan dan menjadi tren. Berikut kami suguhkan artikel tentang warna mobil yang bakal tren di 2018 yang dinukil dari berbagai sumber.

Berdasarkan proyeksi BASF Automotive Color Trends for 2017/18, pasar otomotif segera didominasi oleh ragam kelir translucid. Palet tersebut merefleksikan keinginan konsumen dunia atas kendaraan yang simpel dan transparan di era digital.

Para desainer di divisi pelapisan (coatings) BASF merekomendasikan setidaknya 65 tren warna baru kepada para produsen kendaraan di seluruh dunia. Hasilnya, seleksi warna biru paling banyak dipilih untuk konsep kendaraan selama 4 tahun hingga 5 tahun ke depan.

Kepala Desainer di BASF Color Excellence Group, Paul Czornij mengatakan, warna biru mencerminkan adanya perubahan sosial di berbagai penjuru dunia. Misalnya, semakin banyak generasi muda yang bermigrasi ke kota, era digital, dan manusia yang semakin ingin bersentuhan dengan alam.

“Biru masih menjadi warna yang paling populer di dunia otomotif. Sebab, biru dipercaya memiliki efek menenangkan dan korelasi kuat dengan hal-hal di alam,” kata Paul Czornij dalam laporan yang dilansir BASF dan diberitakan hkalimantan.bisnis.com.

Masih kata Paul Czornij, saat ini fungsi sebuah mobil semakin berevolusi dari sekadar kendaraan menjadi produk dengan fungsi kompleks yang menghubungkan pengemudi terhadap lingkungan sekitarnya. Hal itu turut memengaruhi pemilihan tren warna kendaraan.

Paul mengungkapkan, para desainer di divisi Coatings BASF di China, Jepang, Amerika Serikat, dan Jerman sedang meramu warna-warna baru untuk kendaraan, yang terinspirasi dari berbagai perubahan kultural di Eropa, Timur Tengah, Afrik, Amerika Utara, dan Asia Pasifik.

Di Asia Pasifik misalnya, tren warna mobil lebih banyak terinspirasi oleh gaya orang-orang Asia yang percaya diri. Itulah mengapa, kelir berkilau seperti putih mutiara digadang-gadang menjadi salah satu tren warna mobil yang merepresentasikan spirit Asia.

Pada saat bersamaan, budaya Asia yang semakin naik daun di kalangan generasi muda dunia turut mengerek popularitas warna kendaraan merah cerah dengan efek kilau serpihan gelas yang terkesan sophisticated.

Lain halnya dengan Amerika Utara. Sejalan dengan semakin banyaknya warga Amerika Utara yang ingin kembali bersentuhan dengan alam karena letih dengan digitalisasi, warna kendaraan undercurrent blue atau biru gelap dengan tekstur halus menjadi begitu populer.

Adapun, di Afrika tren warna kendaraannya lebih beragam seperti halnya budaya mayoritas warganya. Warna-warna custom seperti hijau kekuning-kuningan dengan lapisan transparan matte lebih banyak disukai.

Di Timur Tengah, warna kendaraan emas pucat dengan lapisan transparan yang terstruktur menuai popularitas seiring dengan gairah pasar mobil kelas jetset. Warna retro ini dinilai trendi, seperti halnya warna bata dengan highlight merah.

Baca Sumber

Uploader: Iffan Gondrong

 

Categories
IndustriOtomotif
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY