Tahu Diri, Demokrat Tak Usung Kader

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Partai Demokrat Cilegon tidak akan mengusung kader sendiri dalam perhelatan Pilkada 2020 mendatang. Hal itu ditegaskan Ketua DPC Partai Demokrat, Rahmatullah dalam pres konferensi di The Royale Krakatau Cilegon, Senin (23/12/2019).

Menurut Rahmatulloh, keputusan itu berdasarkan pertimbangan serius partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono itu, mengingat partainya hanya punya dua kursi di DPRD Kota Cilegon.

“Kami sangat tahu diri. Untuk dapat mengusung calon sendiri kan butuh 8 kusri. Lebih baik kita memersiapkan partai ini untuk lima tahun yang akan datang,” kata Rahmatullah.

Saat ini, lanjut anggota DPRD Cilegon itu, Demokrat hanya akan mengusung calon walikota-wakil walikota yang akan menang. Karenanya, rekomendasi nanti hanya akan diberikan kepada calon yang akan menang.

“Dalam kontestasi ini, kita hanya ingin menang,” tegasnya.

Meski tidak mencalonkan kader, namun ia berbangga karena partai yang dikomandoinya itu mampu menyelenggarakan penjaringan calon kepala daerah dengan cukup elegan.

Kebanggaan Rahmatullah itu tentu patut diamini. Sebab, sebagai partai yang hanya memiliki dua kursi di DPRD Cilegon, namun Partai Demokrat menyelenggarakan penjaringan yang diikuti 9 kandidat walikota dan wakil walikota.

Terkait dengan siapa calon yang bakal diusung, Rahmatullah menegaskan bahwa sebagai partai modern dirinya akan menentukan calon setelah melalui proses survei. Ke-9 kandidat yang mengikuti penjaringan di Partai Demokrat akan disurvei tingkat popularitas dan elektabilitasnya.

“Karena itulah saya katakana tadi, kami hanya akan mengusung calon yang akan menang. Karena kami hanya ingin jadi pemenang,” imbuhnya.

Selain mekanisme survei, Partai Demokrat juga menghormati kandidat yang melakukan komunikasi intens dengan partai tersebut. Karenanya, komunikasi calon menjadi salah satu pertimbangan.

“Tentu kami sangat menghargai jika calon melakukan komunikasi intensif ke partai kami, baik di Cilegon, Banten maupun pusat,” pungkasnya.

Iffan Gondrong

Categories
Politik
No Comment

Leave a Reply

*

*

google.com, pub-1102232992410596, DIRECT, f08c47fec0942fa0

RELATED BY