Tak Indahkan Imbauan, Satpol PP Tertibkan PKL di Pagebangan

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Untuk menciptakan ketertiban, kebrsihan dan keindahan wilayah Kota Cilegon, Dinas Satpol PP Cilegon terus berupaya melakukan himbauan dan penertiban kepada para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang kerap membandel.
Proses Pembongkaran Lapak PKL di Pagebangan oleh Petugas Satpol PP dan Polres Cilegon/Beritakarya.co.id

Salah satunya adalah penertiban yang dilakukan terhadap PKL yang kerap berjualan di pinggir Jalan DI Panjaitan atau disekita rel Kereta Api Pagebangan, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Rabu (4/12/2019).

Kabid Peneggakkan Perundang-undangan pada Dinas Satpol PP Kota Cilegon, Sofan Maksudi mengatakan selain kerap menghambat lalu lintas, PKL di sepanjang jalan tersebut bukan hanya berjualan di atas trotoar, namun juga di tepi jalan, dimana hal tersebut telah melanggar Perda Nomor 5 Tahun 2003 tentang Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan. Menurutnya, para PKL sudah diberikan tempat di Pasar Blok F namun tidak ditempati.

“Keberadaan PKL di sepanjang jalan ini, memang kerap membuat arus lalu lintas tersendat. Bukan kita melarang berjualan, tetapi ada aturannya. Kita tindak sesuai aturan dan sudah dikasih surat himbauan sampai surat pernyataan sampai tiga kali,” ujarnya.

Senada dikatakan Sofan, Kepala Seksi Dalops pada Dinas Satpol PP Cilegon, Suroto mengatakan, pihaknya telah memberikan himbauan kepada para PKL, namun hingga dilakukan eksekusi pembongkaran, tidak ada yang mengindahkan.

“Sudah kita panggil seminggu lalu para pemilik bangunan. Kita minta mereka membongkar sendiri, tapi tidak dibongkar, ya kita bongkar,” katanya.

Setelah melakukan penertiban, lanjut Suroto, pihaknya juga akan terus melakukan pemantauan terhadap lokasi-lokasi yang kerap mengganggu ketertiban.

“Kita akan tetap melakukan monitoring secara berkala, jika ada yang melanggar lagi kita lakukan persuasif. Kemudian, kalau tidak diindahkan bisa kita bongkar lagi,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu PKL, Yadi Suryadi mengaku dirinya sudah belasan tahun berjualan. Dirinya mengaku siap untuk ditertibakan asalkan petugas berwenang tidak melakukan tebang pilih.

“Saya sudah belasan tahun berjualan disini. Untuk ditertibakan saya siap asalkan  jangan pilih kasih,” katanya.

Rizki Ramadhianto

Categories
CilegonHukum
No Comment

Leave a Reply

*

*

google.com, pub-1102232992410596, DIRECT, f08c47fec0942fa0

RELATED BY