Warga Cilegon Diimbau Tak Nyalakan Petasan dan Kembang Api di Malam Tahun Baru

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Perayaan pergantian tahun identik dimeriahkan oleh kebanyakan masyarakat dengan menyalakan petasan dan kembang api. Namun hal tersebut tidak diperkenankan di Kota Cilegon.

Pada malam pergantian tahun 2020 nanti, Walikota Cilegon menghimbau masyarakat untuk tidak menyalakan kembang api (yang meledak) atau petasan. Larangan tersebut bertujuan untuk menciptakan dan menjaga iklim yang kondusif di Kota Cilegon.

Melalui surat edaran Walikota Cilegon yang ditujukan kepada kepala dinas, badan, kantor, bagian, camat, lurah, serta pimpinan BUMN, BUMD, BUMS, Ormas dan OKP, perihal Himbauan Menyambut Tahun Baru 2020, masyarakat dihimbau untuk tidak membunyikan atau membakar kembang api dan petasan.

“Kita (Pemkot Cilegon-red) sudah buat edaran di masing-masing kecamatan dan kelurahan untuk menyampaikan ke warganya supaya tidak menyalakan kembang api dan petasan,” kata Walikota Cilegon Edi Ariadi, Jumat (27/12/2019).

Edi juga menegaskan, kebijakan melarang menyalakan kembang api dan petasan tersebut sudah diatur dan harus dipatuhi oleh semua warga Cilegon dalam pergantian malam tahun baru.

“Tidak merayakan pergantian tahun baru dengan kegiatan yang berlebihan, bersifat hura-hura serta tindakan yang melanggar norma hukum dan agama serta tidak ada yang menyalakan petasan maupun kembang api. Himbauan ini sudah jelas dan harus dipatuhi,” tegas Edi.

Hal senada dikatakan Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana, ia menghimbau kepada seluruh warga Cilegon untuk tidak merayakan pergantian tahun 2020 dengan menganggu ketertiban lalu lintas dengan naik motor secara ugal-ugalan, tidak hura-hura dan mabok-mabokan, serta tidak main petasan dan kembang api.

“Mari kita sama-sama merayakan tahun baru 2020 dengan berdzikir dan berdoa bersama,” ujar AKBP Yudhis.

Bagi masyarakat maupun hotel yang melanggar aturan dan himbauan tersebut, lanjut Kapolres, pihaknya akan memberikan sanksi tegas sesuai dengan Undang-undang (UU) Lantas tahun 2009, UU KUHP, UU Narkotika dan UU Darurat Handak/Senpi.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: