Wartawan Cilegon Serahkan Bantuan Ke Sajiramekar Lebak

BERITAKARYA.CO.ID, LEBAK - Bencana banjir bandang dan longsor yang menimpa warga di Kabupaten Lebak, Banten, menggugah seluruh kalangan untuk membantu meringankan korban yang tertimpa musibah.

Termasuk wartawan yang tergabung dalam PWHC (Persatuan Wartawan Harian Cilegon) pada Sabtu (4/1/2020), menyerahkan bantuan kepada warga yang tertimpa bencana banjir bandang dan longsor di Desa Sajiramekar, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak.

Rombongan wartawan yang tiba di lokasi pada pukul 15.00 WIB, menyerahkan bantuan berupa kebutuhan untuk bayi seperti, susu, popok, makanan bayi, sabun, minyak telon, serta pakaian yang masih layak, langsung diserahkan ke posko bencana di Kantor Desa Sajiramekar di Jalan Prabu Dalem Wong Sagati Sajira Timur.

Ketua PWHC Ronald Siagian mengatakan, bantuan yang digalang dari wartawan, pejabat dan pegawai Pemkot Cilegon, Komunitas Kopi Cilegon (CCC), serta donatur lainnya tersebut, dapat bermanfaat bagi korban bencana.

“Bantuan yang diberikan ini berupa bahan-bahan yang sangat dibutuhkan para korban bencana banjir bandang dan longsor di Lebak. Sumbangan ini setidaknya diharapkan membantu para pengungsi. Bantuan ini sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan teman-teman wartawan Cilegon,” kata Ronald.

Ronald menjelaskan, para wartawan yang yang sehari-hari bertugas di Kantor Walikota Cilegon merasa terpanggil untuk meringankan beban para korban bencana Lebak. Bantuan diberikan secara sukarela. Bahkan, ada yang tidak ingin namanya disebutkan. Ia pun mengapresiasi kepedulian wartawan membantu korban bencana Lebak.

“Terima kasih teman-teman wartawan di Kota Cilegon yang ikut berkontribusi memberikan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban bencana di Kabupaten Lebak. Semoga ini bermanfaat,” ujarnya.

Kondisi Pemukiman Warga di Desa Sajiramekar, Kabupaten Lebak, Banten

Kepala Desa Sajiramekar, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Jaenudin, yang menyambut dan menerima langsung bantuan, mengucapkan terima kasih kepada para wartawan Cilegon, Walikota Cilegon (Edi Ariadi) maupun para donatur yang telah memberikan bantuan kepada warga Lebak yang terkena musibah bencana banjir bandang dan tanah longsor.

“Saya mewakili masyarakat Sajira mengucapkan banyak terima kasih kepada wartawan Cilegon dan Pemkot Cilegon, khususnya Walikota Cilegon yang telah membantu warga Lebak yang terkena musibah banjir badang dan longsor beberapa hari lalu,” kata Jaenudin.

Jaenudin menjelaskan, akibat kejadian tersebut, sebanyak 79 bangunan rusak berat, 18 rumah hancur, serta 2 Musholla, 2 pondok pesantren, 1 masjid hanyut tersapu banjir bandang di Desa Sajiramekar.

“Kebetulan di Desa Sajiramekar ada 70 KK. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir bandang dan longsor ini. Mereka (warga) yang rumahnya hanyut dibawa arus air diungsikan di rumah keluarga maupun saudara korban. Untuk dapur umum kita siapkan 1 titik langsung dikerjakan oleh warga setempat,” jelasnya.

Saat ini, kata Jaenudin, warga di Desa Sajiramekar masih membutuhkan bantuan beras, Indomie, peralatan dapur, serta alat berat dan alat penyemprot air untuk membersihkan lumpur yang menggenangi jalan dan rumah warga.

“Yang dibutuhkan sih itu. Tapi bantuan yang lainya sudah cukup. Hanya peralatan dapur aja, beras dan Indomie masih diperlukan. Termasuk bantuan peralatan untuk membersihkan jalan dari lumpur,” katanya.

Zainal Mutakin

Categories
Lebak

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: