Waspada! No WA Anda Mungkin Diretas

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Sepekan terakhir, masyarakat Cilegon resah dengan munculnya pesan WhatsApp yang berpura-pura minjem uang dengan menggunakan nomor Wa teman kita.

3 Januari lalu, Redaksi Beritakarya.co.id menerima pengaduan tentang kemungkinan nomor WA salah satu sekretaris camat diretas.

Dalam screenshot pesan WA yang dikirim ke Redaksi Beritakarya.co.id, si pengirim pesan yang menggunakan nomor WA sekretaris camat.

Isi pesannya, pelaku meminjam uang dengan alasan istri atau keluarganya sakit dan minjem dengan cara transfer.

Anehnya, pelaku mengaku bahwa e-banking dia error’ dan meminta untuk mentransfer uang ke nomor rekening lain.

Malam tadi, CEO Beritakarya.co.id juga menerima pesan WA sejenis. Pelaku menggunakan foto profil atas nama Sandawi Dilaga.

Si pelaku meminjam uang alasan karena istrinya sakit. Sama dengan kasus sebelumnya, si pelaku mengaku e-banking miliknya lagi error’.

Rupanya, pelaku tidak hanya mengirim pesan ke satu nomor, tetapi ke hampir semua nomor WA yang ada di WA grup Paguyuban Tenan Alun-alun (Paten) Cilegon.

Ketua Paten Cilegon, Maria Ulfa mengaku kaget karena WA grup Paten tiba-tiba saja terkunci dan tidak bisa mengirim chat.

Pengurus Paten langsung berkomunikasi melalui pesan WA yang lain terkait perubahan tiba-tiba WA grup Paten.

Sejurus kemudian, pengurus dan anggota Paten lainnya menerima pesan yang mengaku sebagai Sandawi Dilaga.

Respon cepat dilakukan Sandawi Dilaga yang asli. Ia mengumumkan melalui Facebook bahwa nomor WA-nya diretas.

Sandawi meminta jika ada pesan yang masuk mengatasnamakan dirinya lalu meminta atau meminjam uang untuk mengabaikan hal itu.

“Ass. Kepada teman2 semua wa saya ada yang mencoba meretas. Tolong diabaikan apabila meminta atau meminjam uang atas nama saya. Thanks,” begitu bunyi status Facebook Sandawi Dilaga.

Menyikapi masalah tadi, ada baiknya penerimaan pesan siapapun itu tidak langsung merespon jika mendapat pesan yang mencurigakan.

Lebih baik mengecek kebenaranya dengan cara melakukan komunikasi langsung kepada yang bersangkutan, dan tidak mudah percaya begitu saja.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY