Wagub: Pergub Soal Masker Bukan Sebagai Hukuman

BERITAKARYA.CO.ID, SERANG - Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy memanfaatkan momen kunjungan ke Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di Kampung Pipitan, Pipitan, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Selasa (25/8), untuk mensosialisakan Pergub...
Andika Hazrumy
MASKER: Wagub Banten, Andika Hazrumy/beritakarya.co.id

Dalam kesempatan itu ia menegaskan bahwa Pergub yang diantaranya mengatur tentang wajib memakai masker di tempat-tempat umum tersebut bukan bertujuan untuk menghukum masyarakat.

“Sekali lagi saya tegaskan, aturan (Pergub, red) ini bukan untuk menghukum, tapi untuk mengedukasi masyarakat,” kata dia dalam sambutan acara yang digagas Polda Banten tersebut.

Ia menegaskan, Pergub 38/2020 merupakan turunan dari Inpres No 6/2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Untuk diketahui, Pergub mengatur sanksi berupa teguran, sanksi sosial dan denda maksimal Rp100 ribu bagi perorangan yang kedapatan melanggar. Adapun bagi pegelola atau penanggungjawab tempat umum akan dikenai sanksi sebesar maksimal Rp300 ribu.

Adapun bagi ASN, akan dikenakan sanksi administrasi mulai dari surat teguran, penurunan p[angkat hingga pemberhentian dari status ASN.

Sementara itu, Wakapolda saat membacakan sambutan Kapolda Banten, Irjen Pol Fiandar mengatakan, Polda Banten menggelorakan pembentukan KTN di beberapa lokasi dalam upaya menghadapi new normal dan pencegahan Covid-19.

Upaya tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.(*)

Iffan Gondrong

Categories
Serang

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: