Ayo Berantas Jentik Nyamuk!

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Musim hujan datang, penyakit demam berdarah dengue (DBD) mengintai....
WASPADA DBD: Kadinkes Cilegon, dr Arriadna/beritakarya.co.id

Karenanya, Dinas Kesehatan Kota Cilegon mengimbau agar masyarakat secara rutin melakukan pemberantasan sarang nyamuk di tempat-tempat air menggenang.

“Pada prinsipnya DBD adalah penyakit berbasis lingkungan. Dibutuhkan peran serta masyarakat untuk secara rutin seminggu sekali melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) pada tempat-tempat air menggenang,” kata Kadinkes Cilegon dr Arriadna, Rabu (12/2/2020).

Dr Arriadna mengungkapkan, genangan air dimaksud bukan air selokan, tetapi tempat-tempat yang memungkinkan ada air menggenang, termasuk air hujan.

“Karena nyamuk Aedes Aegypti hidup di air yang besih,” terang dr Arriadna.

Masih kata Kadinkes Cilegon, pemberantasan sarang nyamuk adalah satu-satunya cara memutus mata rantai perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegyti.

“Fogging hanya bisa membunuh nyamuk dewasa tapi tidak bisa membunuh jentik nyamuk yngg akan tumbuh menjadi nyamuk dewasa,” urainya.

Jika tidak bisa membersihkan tempat-tempat yang memungkinkan menjadi tempat tumbuhnya nyamuk tersebut, lanjutnya, ada cara lain yakni dengan memberikan abate yang bisa diperoleh di Puskesmas secara gratis.

Zainal Mutakin

Categories
Kesehatan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: