Badan Adhoc KPU dan Bawaslu Cilegon Dinonaktifkan

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Mulai 1 April 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cilegon menonaktifkan sementara badan adhoc....

Dengan situasi darurat akibat pandemi Virus Corona (Covid-19), petugas di badan adhoc seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) harus dinonaktifkan.

Ketua KPU Cilegon, Irfan Alfi mengatakan, saat ini ada empat tahapan pada Pilkada 2020 yang ditunda sementara, sesuai SK KPU RI Nomor 179 tentang penundaan beberapa tahapan Pilkada Serentak 2020.

Dengan penundaan pelaksanaan tahapan itu, secara otomatis tidak ada kegiatan yang dilaksanakan oleh PPK.

“Sekarang kami juga sudah melakukan penundaan 4 tahapan Pilkada Cilegon 2020. Posisinya Off, kami masih menunggu keputusan dari KPU RI,” kata Irfan, Rabu (1/4/2020).

Diketahui, beberapa tahapan Pilkada Cilegon 2020 yang ditunda yaitu pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Cilegon dan pelaksanaan verifikasi faktual (Verfak) dukungan bakal calon perseorangan.

Selain itu, pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP), dan pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih juga harus dihentikan sementara.

Sedangkan, untuk pelaksanaan pemungutan suara, kata Irfan, sampai dengan saat ini masih belum ada perubahan, sehingga KPU masih mengacu pelaksanaan pada 23 September 2020.

”Sampai sekarang kan belum ada perubahan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Kami tunggu sampai ada ketentuan dari KPU RI,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Cilegon, Siswandi mengatakan penonaktifan tenaga adhoc dilakukan sampai adanya kepastian hukum dari KPU mengenai pelaksanaan Pilkada.

Dengan dinonaktifkannya seluruh pengawas adhoc, secara otomatis honorarium mereka akan diberhentikan sementara, karena anggaran untuk penyelenggara Adhoc berbasis kinerja.

“Dengan demikian, pengawas Adhoc yang telah dilantik akan dinonaktifkan sementara, honornya tidak bisa diberikan,” tandasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Politik

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: