Banten Terapkan PSBB, Penumpang di Pelabuhan Merak Turun Drastis

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Banten mulai diterapkan disetiap kota/kabupaten sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19....

Penerapan PSBB di Banten ini, hampir bersamaan dengan penerapan PSBB di Provinsi DKI Jakarta.

Hal tersebut berdampak pada menurunnya jumlah penumpang yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Merak.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Hasan Lessy mengungkapkan, penurunan jumlah penumpang terjadi hampir disemua kategori, bahkan penurunan drastis mencapai 70 persen.

“Jumlah penumpang pejalan kaki turun 70 persen, penumpang dalam kendaraan 57 persen,” katanya kepada wartawan, Selasa (15/9/2020).

Penurunan tersebut, kata Hasan, tidak hanya terjadi pada penumpang, penurunan juga terjadi pada jumlah kendaraan yang biasa melintas melalui Pelabuhan Merak.

“Kendaraan roda dua mengalami penurunan 40 persen, kendaraan roda empat sebanyak 44 persen, sedangkan bus 52 persen,” ujarnya.

Dengan penurunan jumlah penumpang tersebut, pihak ASDP mengurangi jumlah kapal yang beroperasi.

Dimana diketahui dalam kondisi normal, sebanyak 28 kapal dioperasikan setiap harinya, namun kini hanya sebanyak 23 kapal yang dioperasikan.

“Dari 7 dermaga yang ada, 6 dermaga beroperasi normal, hanya dermaga 4 yang tidak dipakai karena dalam masa perbaikan,” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: